Home » Tips dan Trik » Penyebab Lampu Depan Mobil Mati

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati

Memiliki mobil tanpa ada masalah menjadi  dambaan untuk semua pemiliknya, salah satunya lampu mobil sebagai salah satu bagian yang sangat vital pada mobil apalagi anda dalam perjalanan jauh hingga larut malam. Anda bisa bayangkan bagaiman lampu bermasalah tidak terang atau mungkin malah mati.

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati

Selain mengganggu perjalanan anda tentunya anda akan ditilang pihak kepolisian karena itu melanggar lalu lintas, hal itu akan beakibat pada pengemudi yang lain dan yang paling fatal bisa menyebabkan kecelakaan. Nah mari kita kupas apa yang menyebabkan lampu mobil anda bermasalah.

  • Sekring Putus

Coba anda cek kabel sekring, sering kali hal itu terjadi disebabkan karena sekring putus, kelistrikan didalam mobil umumnya terkumpul jadi satu yang ada dibawah kanan tida jauh dari kemudi. Sebaiknya segera cek sekring yang mengarah pada kabel lampu anda bisa memastikannya apakah sekring utuh atau sudah putus.

Caramengatasinya dalamkeadaan darurat anda cukup mencari kabel bekas atau kabel yang tidak terpakai lilitkan pada kabel penghubung sekring setelah bisa anda tes apakah bisa nyala atau tidak.

  • Cek Relay

Langkah kedua anda bisa cek relay komponen yang menghubungkan kabe dari sumber listrik. Anda bisa tes apakah itu penyebabnya dengan cara menggunakan kabel dalam kondisi masih bagus kemudian anda cabut relay tersebut.

Kemudian sambung kabel itu untuk penghubung pada lampu mobil dengan sumber listrik, langkah ini hanya dalam keadaan darurat segera cari bengkel untuk mengganti dan mengganti komponen yang rusak.

  • Bohlam Mati

Langkah ketiga anda cek lampu bohlam apakah masih dalam kondisi baik atau sudah mati, jika bohlam dari lampu anda sudah mati itu dan beberapa fator pemsangan bohlam yang salah dan bisa juga rusak karena sudah lama. Segera anda ganti dengan bohlam baru karena ini tidak ada solusi lain selain mengganti.

  • Kualitas Bohlam Lampu

Saat anda mendapatkan masalah dibagian bohlam coba anda lihat lagi apakah bohlam itu asli dari pabrikan dari jenis mobil anda atau sudah diganti dengan merk yang lain. Karena ini berhubungan dengan kualitas dari bohlam itu sendiri sebaiknya anda gunakan bohlam dengan kualitas yang baik atau minimal anda menggunakan bohlam asli dari jenis mobil anda.

  • Arus Kelistrikan Tidak Stabil

Masalah tidak sampai disitu saja, karena arus listri yang tidak stabil juga bisa mengakibatkan lampu mati. Arus listrik yang rendah juga faktor yang menyebabkan bohlam mati sebaliknya jika arus terlalu tinggi menyebabkan bohlam putus.

Sebaiknya anda mengambil voltmeter atau multimeter untuk mengecek apakah arus arus listrik pada mobil anda. Nah itu penjelasan dari kami tentang penyebabnya lampu mobil bermasalah atau mati. Agar anda tidak lagi merasa cemas di saat menghadapi kerusakan pada lampu tersebut.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *