Home » Tips dan Trik » Perancangan dan Pembuatan Mesin Mobil Mini Chooper Klasik

Perancangan dan Pembuatan Mesin Mobil Mini Chooper Klasik

Salah satu mobil yang cukup dikenal dan populer di dunia, adalah mobil mini yang diberi nama Morriss Mini Chooper yang diproduksi tahun 1959. Tentu Anda pasti ingat dengan mobil yang sangat ikonik ini, yap mobil tua dan legendaris ini pernah menjadi koleksi Bung Karno dan sering muncul pada film – film Mr. Bean. Mobil mini ini dibuat dengan menggunakan mesin mobil yang tahan banting dan kuat di zamannya. Tak heran kalau mobil ini diproduksi sampai tahun 2000an. Dalam kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas awal sejarah perancangan dan pembuatan mesin mobil morriss mini chopper.

Perancangan dan Pengembangan:

Leonard Lord ditunjuk sebagai proyek ADO15 (dilebur Drawing Office jumlah proyek dan produk dari tim desain Morris, Mobil Mini dibuat karena saat itu kekurangan bahan bakar yang disebabkan oleh 1956 Krisis Suez.  Bensin sekali lagi dijatah di Inggris, penjualan mobil besar merosot, dan pasar untuk mobil bubble Jerman menggelegar. Lord, kepala otokratis BMC, dilaporkan membenci mobil-mobil ini sehingga ia bersumpah untuk membersihkan jalan-jalan mereka dan merancang ‘miniatur mobil yang tepat’.

Lalu Lord meletakkan beberapa persyaratan mengenai desain dan mesin mobil ini  mobil harus terkandung dalam sebuah kotak yang diukur 10 × 4 × 4 kaki (3,0 × 1,2 × 1,2 m); dan akomodasi penumpang harus menempati 6 kaki (1,8 m) dari 10-kaki (3,0 m) panjang; dan mesin mobil, karena alasan biaya. Alec Issigonis, yang telah bekerja untuk Alvis, telah direkrut kembali ke BMC pada tahun 1955 dan dengan keahliannya dalam mendesain mobil kecil, adalah alami untuk tugas tersebut. Tim yang dirancang Mini adalah sangat kecil: serta Issigonis, ada Jack Daniels (yang telah bekerja dengan dia di Morris Minor), Chris Kingham (yang telah bersamanya di Alvis), dua mahasiswa teknik dan empat draughtsmen. Bersama-sama, pada bulan Oktober tahun 1957, mereka telah merancang dan membangun prototipe asli, yang  bernama “The Orange Box” karena warnanya/

Baca Juga: 3 Mobil Antik Terkenal Di Dunia

The ADO15 menggunakan BMC A-Series empat silinder, mesin mobil berpendingin air konvensional, tetapi berangkat dari tradisi dengan me-mount melintang, dengan, empat kecepatan transmisi mesin minyak dilumas dan dengan menggunakan depan -wheel drive. Hampir semua kecil front-wheel-drive mobil dikembangkan sejak telah menggunakan konfigurasi yang sama, kecuali dengan transmisi biasanya secara terpisah tertutup daripada menggunakan oli mesin. radiator dipasang di sisi kiri mobil sehingga kipas mesin-mount bisa dipertahankan, tetapi dengan lapangan terbalik sehingga meniup udara ke daerah tekanan rendah alami di bawah sayap depan. Lokasi ini disimpan panjang kendaraan, tetapi memiliki kelemahan makan radiator dengan udara yang telah dipanaskan oleh melewati mesin. Hal ini juga terkena seluruh sistem pengapian untuk masuknya langsung air hujan melalui kisi-kisi.

Sistem suspensi, yang dirancang oleh teman Issigonis, Dr Alex Moulton di Moulton Developments Limited, mengunakan kerucut karet kompak. Desain hemat-ruang ini juga menampilkan kenaikan progresif-tingkat bermunculan dari kerucut, dan memberikan beberapa damping alami, selain peredam normal. Dibangun ke dalam subframes, sistem karet kerucut memberi tumpangan baku dan bergelombang ditekankan oleh kursi anyaman-anyaman, tetapi kekakuan kerucut karet, bersama-sama dengan posisi roda di sudut-sudut mobil. Mobil mini menjadi ikon tahun 1960-an budaya populer Inggris, dan ditampilkan pada tahun 1969 pada Film The Italian Job.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *