Home » Tips dan Trik » Perawatan Mobil Tua Agar Terlihat Lebih “Muda”

Perawatan Mobil Tua Agar Terlihat Lebih “Muda”

Bagi sebagian orang, memiliki mobil yang turun temurun sudah dimiliki keluarga menjadi kebanggaan tersendiri. Akan tetapi, mobil dengan usia yang lebih dari 5 tahun setelah produksi termasuk sebagai mobil tua dan semakin tua mobil tersebut maka perawatan yang Anda lakukan haruslah lebih ekstra dibandingkan dengan mobil keluaran baru. Jika tidak dirawat dengan baik maka bisa menyebabkan performa mobil menurun.

Pertama adalah mengecek mesin secara teratur. Pastikan setiap hari Anda mengecek mesin mobil yang usianya sudah tua tersebut dan jangan ragu untuk selalu tune up secara rutin. Hal tersebut disebabkan mobil yang sudah tua lebih rentan mogok dan Anda pastinya tidak ingin mengalami mogok di tengah jalan. Anda bisa melakukan tune up sendiri ataupun membawanya ke bengkel misalnya untuk service rutin sehingga ketika ditemukan ada komponen yang rusak maka bisa langsung Anda ganti dengan komponen yang baru.

Kedua adalah perhatikan penggunaan oli serta bahan bakar. Semakin tua mobil Anda maka oli yang harus Anda gunakan harus bisa melindungi dan menjaga performa mobil lebih ekstra. Ganti oli mobil setiap 2500 km sekali sehingga tingkat emisi dari mobil tua yang Anda miliki menjadi lebih mudah untuk ditekan dan beban dari mesin mobil juga menjadi lebih ringan. Anda bisa menggunakan jenis oli dengan kekentalan SAE 10-40 atau 15-40. Sedangkan bahan bakar yang digunakan sebaiknya memiliki nilai oktan minimal 90.

Ketiga adalah memperhatikan bagian kabel, karet penyangga dan ring. Perhatikan apakah kabel yang ada di mobil Anda tersebut sudah ada yang getas atau tidak karena jika mengelupas, kabel bisa menyebabkan konsleting, kebakaran dan mesin menjadi tidak bisa menyala. Pada bagian ring, jika ring sudah berkarat dan lemah, ganti dengan menggunakan ring baru untuk membuat aliran bensin menjadi lebih lancar dan suara kendaraan tidak menjadi kasar. Sedangkan di bagian karet penyangga, jika sudah tidak layak akan bisa menimbulkan suara desing ketika Anda mengendarai mobil ataupun masalah lainnya misalnya air hujan yang masuk ke mobil.

 Baca Juga: Perawatan Sederhana untuk Mobil Tua yang Sering Dilupakan Pemiliknya

Hal lainnya yang harus Anda lakukan untuk perawatan mobil yang sudah tua Anda agar tetap terlihat muda dan memiliki performa yang tidak kalah dengan mobil baru yaitu:

  • Perhatikan ban dan velg mobil serta perhatikan bagian kaki mobil seperti di bagian bushing arm, suspense, tie rod, ball joint, karet stabilizer. Anda harus selalu mengecek tekanan angin ban karena bisa mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan Anda saat mengendarai mobil.
  • Membersihkan mobil secara teratur misalnya dengan mencuci dan hindari penggunaan deterjen. Anda bisa menggunakan shampoo atau sabun cuci khusus mobil.
  • Bersihkan bagian dalam mobil dari sampah, kotoran dan debu misalnya dengan vacuum cleaner.

Semoga informasi tantang mobil tua di atas bermanfaat untuk Anda yang memiliki mobil klasik atau tua!

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *