Home » Perawatan Mobil » Perawatan Mobil Wajib untuk Pemilik Mobil Matic

Perawatan Mobil Wajib untuk Pemilik Mobil Matic

Mobil dengan transmisi otomatis menjadi jenis mobil yang kini banyak diminati oleh pasaran. Kemudahan dalam pengoperasian dan tidak mudah membuat lelah menjadikan keistimewaan tersendiri untuk mobil yang satu ini. Mobil matic bahkan mudah dioperasikan oleh para pemula yang baru berlatih mobil sehingga tak heran penjualan untuk mobil matic mengalami peningkatan drastis. Meski begitu, pastikan untuk melakukan perawatan mobil sehingga menjadikan performanya selalu maksimal.

Merawat mobil matic sebetulnya hampir sama dengan merawat mobil manual. Yang terpenting dalam perawatan adalah dengan rutin dan disiplin. Berikut ini beberapa tips dalam perawatan mobil matic:

  • Penggantian oli mesin

Salah satu hal terpenting dalam memberikan selalu kenyamanan dalam penggunaan mobil adalah dengan selalu melakukan servis mobil secara berkala. Salah satu servis terpenting adalah dengan mengganti oli mesin secara rutin karena oli akan menjadi pelumas pada kinerja seluruh mesin mobil untuk tetap bekerja secara maksimal.

  • Penggantian oli transmisi

Selain oli mesin, jangan lupa juga untuk mengganti oli transmisi nya sehingga kinerja transmisi tetap maksimal. Penggantian nya minimal adalah 25.000 km dan untuk maksimalnya adalah setiap 50.000 km sesuai kondisi. Ada baiknya jika menggunakan pelumas yang sudah direkomendasikan dari produsen mobil.

  • Cek valve

Kerusakan paling sering yang ada pada mobil matic umumnya terjadi pada gasket transmisi misalnya adanya kebocoran, hingga kerusakan gasket transmisi. Untuk itu, pastikan cek kembali bagian valve sehingga ketika terjadi kerusakan dan kebocoran bisa langsung dibenahi sejak awal.

  • Cek kinerja transmisi

Pengecekan untuk kinerja transmisi dapat dilakukan secara mandiri. Cobalah untuk menempatkan posisi transmisi di posisi D atau R dan selanjutnya lepaskan rem mobil. Apabila mobil tidak memiliki masalah di bagian sistemnya, maka mobil matic akan bisa langsung bergerak.

  • Panaskan mobil

Apabila Anda memiliki mobil matic, maka pastikan untuk selalu memanaskan mobil terlebih dulu sebelum menggunakannya untuk berkendara. Tidak perlu memanaskan dengan waktu lama, namun hanya perlu selama 10 menit saja. Memanaskan mobil ini diperlukan untuk mempersiapkan mobil sebelum dipergunakan untuk berkendara.

  • Teliti persneling

Selanjutnya Anda juga perlu meneliti terkait persneling di mobil Anda. hindari penggunaan persneling pada panel P ketika mobil berhenti karena akan bisa menyebabkan kerusakan yang fatal jika terjadi terus menerus. Ada baiknya menggunakan persneling P apabila Anda memarkirkan mobil matic.

Itulah beberapa perawatan mobil sederhana jika Anda memiliki mobil matic. Perawatan tersebut meski terdengar sepele dan sederhana namun akan sangat berpengaruh terhadap performa mobil ke depannya. Pastikan lakukan perawatan tersebut secara rutin dan disiplin. Ingat kembali tentang tanggal dan waktu Anda harus melakukan servis berkala sehingga bisa dilakukan tepat waktu.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *