Home » Perawatan Mobil » Perawatan Mobil yang Sederhana Namun Tidak Boleh Terlewatkan

Perawatan Mobil yang Sederhana Namun Tidak Boleh Terlewatkan

Mobil merupakan salah satu aset yang berharga. Agar mobil tetap dalam kondisi dan performa yang prima, memang membutuhkan beberapa macam perawatan yang maksimal dan menyeluruh. Namun tentu tak semua orang punya waktu dan kebiasaan untuk merawat mobil secara detail. Bukan cuma mobil bekas dan mobil berusia tua saja yang wajib mendapatkan perawatan, perawatan mobil harus dilakukan meski mobil Anda masih baru, baik yang bertransmisi manual maupun matic. Nah berikut ini adalah beberapa contoh perawatan sederhana yang harus rutin dan tak boleh terlewatkan, antara lain:

  • Ganti oli.

Kinerja mesin sangat tergantung pada perawatan yang satu ini. Untuk menjaga agar performa dan akselerasi mobil tetap prima dan stabil, maka oli harus diganti secara berkala serta tepat waktu sesuai aturan standar dari masing-masing mobil. Pada umumnya berkisar pada jarak 3000 hingga 5000 km. Tak hanya itu saja, pemilihan oli haruslah tepat dan sesuai dengan kebutuhan standar tipe mesin mobil untuk menghindari terjadinya over heat pada mesin mobil. Oli berperan sangat penting terhadap kemampuan mesin mobil terutama untuk penahan friksi atau gesekan.

  • Cek coolant atau cairan radiator.

Peranan radiator juga sangat penting terutama untuk menetralisir hawa panas pada mesin mobil. Saat air radiator kosong, bukan hanya akan menimbulkan kerusakan mesin namun juga akan membahayakan si pengendara. Kekosongan air coolant pada radiator dapat menimbulkan over heat juga dan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Memahami pentingnya peran radiator terhadap mesin, maka memeriksa coolant merupakan perawatan mobil yang tak boleh Anda lewatkan.

 Baca Juga: Perawatan Mobil Wajib untuk Pemilik Mobil Matic

  • Membersihkan filter kaburasi.

Salah satu yang menjadi penyebab mesin mobil kadang susah dihidupkan adalah karena saringan atau filter karburasi kotor dan terlalu berdebu. Membersihkan filter kaburasi sebenarnya tidak sulit, Anda hanya perlu sikat gigi bekas atau kuas saja untuk menghilangkan kerak maupun kotoran yang menempel pada filter. Hindari pemakaian hairdryer atau compressor karena beresiko dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan saringan karburasi.

  • Paculah perawatan mobil Anda.

Mesin mobil yang telah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama biasanya akan menghasilkan kerak yang menempel pada beberapa bagian mesin atau komponen. Cara untuk mengatasinya, sebenarnya mudah sekali. Anda hanya tinggal memacu kendaraan Anda dengan menginjak pedal gas dalam-dalam agar kerak yang menempel pada komponen mesin dapat terlepas dan keluar melalui knalpot. Anda bisa melakukannya dalam kondisi persneling berhenti atau saat berada di jalanan. Namun jika Anda melakukannya saat berada di jalanan, pastikan keamanan Anda dalam berkendara dan juga kondisi jalan ketika Anda mencoba melajukan mobil Anda dengan lebih cepat.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *