Home » Perawatan Mobil » Perawatan Sederhana untuk Mobil Tua yang Sering Dilupakan Pemiliknya

Perawatan Sederhana untuk Mobil Tua yang Sering Dilupakan Pemiliknya

Majunya industri otomotif di dunia ternyata mampu memberikan pengaruh yang begitu besar terhadap berbagai produksi mobil. Kini banyak sekali mobil terbaru yang terus bermunculan dengan berbagai jenis dan teknologi serta fitur terbarunya. Bahkan kini sudah banyak mobil dengan desain dan teknologi futuristic yang mudah untuk ditemukan. Meski pesatnya perkembangan teknologi ini sangat berpengaruh terhadap produk mobil, namun ternyata masih banyak juga yang menggemari adanya mobil tua yang klasik.

Memang ketika Anda mengendarai mobil yang tua, maka akan terlihat lebih etnik dan klasik. Tetapi ingat kembali terkait perawatan dan juga penggunaannya yang harus sangat hati-hati karena salah sedikit saja akan bisa memberikan pengaruh yang banyak terhadap mobil klasik yang Anda miliki tersebut. Pastikan untuk selalu merawat dan menjaga mobil klasik Anda sehingga mobil tersebut tetap awet dan bis dipergunakan hingga waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Jangan Remehkan Mesin dari Mobil Tua Ini

Bagi Anda para penggemar mobil tua, maka berikut ini beberapa tips untuk merawatnya:

  • Pertama, pastikan agar Anda selalu peduli dengan kebersihan mobil tersebut dengan melakukan pembersihan secara berkala. Dalam membersihkannya, jangan sampai terlewat ke bagian noda terkecil nya. Lakukan pembersihan sembari mengecek kondisi mobil Anda secara keseluruhan.
  • Perbaiki bagian dalam mobil seperti dashboard serta bagian setirnya. Bila diperlukan, tambahkan cover di kedua bagian ini sehingga berbagai kekurangan seperti goresan, bolong dan kekurangan lainnya akan mampu tertutupi dengan baik. Anda pun bisa menutupinya dengan mengecat dan memodifikasi bagian tersebut.
  • Untuk menambahkan kenyamanan, Anda bisa menambahkan cover tebal di bagian joknya sehingga kotoran pun akan tersingkir dan Anda bisa nyaman ketika duduk di jok.
  • Ingatlah jika usia mobil akan sangat berpengaruh terhadap performanya. Oleh karena itu, oli mesin mobil juga perlu diganti setiap 2.500 km sehingga tingkat emisi bisa lebih ditekan agar beban kerja juga berkurang.
  • Kondisi kabel juga harus menjadi perhatian utama karena kabel yang semrawut akan memicu korsleting listrik dengan mudahnya.
  • Ketika menyimpan mobil, usahakan untuk selalu menyimpannya di garasi. Namun jika Anda tidak memiliki garasi, maka simpanlah di luar ruangan dengan memberikan mobil berupa penutup agar tidak begitu terpengaruh akan panas dan hujannya cuaca.

Tantangan dalam memiliki mobil tua adalah ketersediaan spare part yang juga sulit ditemukan ketika ada bagian komponen yang rusak. Untuk itu, ada baiknya jika Anda mencari banyak referensi di internet dan juga bisa mengikuti komunitas penggemar mobil sehingga mendapatkan informasi lengkap terkait segala hal mengenai mobil klasik. Anda juga bisa mencoba mencari spare part mobil tersebut di pasar loak yang biasanya menyediakan komponen mobil lawas dengan harga yang lebih terjangkau namun dalam kondisi lumayan.

 

 

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *