Home » Tips dan Trik » Perhatikan 4 Langkah Ini untuk Mencuci Jok Mobil dari Kain

Perhatikan 4 Langkah Ini untuk Mencuci Jok Mobil dari Kain

Pemilik mobil tentunya sudah menaruh perhatian khusus pada bagian jok mobil sehingga memberikan perawatan yang layak. Tak hanya body mobil yang harus dicuci secara teratur agar kinclong dan mulus setiap saat melainkan juga bagian dalam mobil. Khusus untuk bagian jok Anda musti membersihkannya dengan benar yakni disesuaikan dengan jenis dan karakter bahan jok itu sendiri. Kebanyakan mobil menggunakan material kulit baik asli maupun sintetis untuk membungkus jok, namun tidak sedikit pula yang memilih bahan kain.

Perhatikan 4 Langkah Ini untuk Mencuci Jok Mobil dari Kain

Langkah Mencuci Jok Berbahan Kain

Kain jenis beludru maupun kain biasa ternyata cukup digemari karena halus dan empuk, supaya awet dan nyaman duduk di atasnya. Pastikan membersihkannya dengan benar, berikut langkah-langkahnya:

  • Bersihkan dulu dengan penyedot debu,

Bahan kain memiliki kecenderungan menyerap debu yang masuk ke area interior mobil sehingga ketika ditepuk banyak debu beterbangan. Agar tidak membahayakan kesehatan paru-paru Anda maka wajib dibersihkan memakai penyedot debu. Gunakan mesin penyedot debu minimalis khusus untuk mobil agar praktis tinggal dicolokkan pada stop kontak di dalam dashboard mobil. Jadikan kegiatan ini sebagai awal saat mencuci jok memakai air dan sabun.

  • Gunakan cairan pembersih,

Jok yang mempergunakan bahan kain idealnya dicuci memakai cairan pembersih bukan sekedar dibasahi dengan air saja. Pilih cairan pembersih yang memang diformulasikan khusus untuk bahan jok mobil yang terbuat dari kain. Agar efektif membersihkan kain di jok secara mendetail, paling aman adalah memakai detergen cair. Jadi semisal susah mendapatkan yang bagus Anda bisa beralih ke alternatif pemakaian sampo ataupun sabun cair, yang terpenting punya formula pembersih di dalamnya.

  • Sikat dengan satu arah,

Apabila menjumpai noda membandel misalnya noda bekas air teh atau kopi yang tumpah di atas jok tentu meninggalkan bekas. Parahnya cairan yang meninggalkan noda ini akan memberikan noda sampai ke lapisan dalam kain jok. Maka tidak cukup hanya menyemprotkan cairan pembersihan melainkan juga harus disikat, Anda bisa memakai sikat khusus baju. Namun yang perlu diperhatikan adalah menyikat dengan satu arah sehingga serat kain tidak berserabut dan merusak permukaan jok itu sendiri.

  • Jemur jok hingga kering,

Berhubung bahan yang melapisi jok adalah kain dan biasanya lumayan tebal maka usai dicuci baiknya dijemur. Inilah alasan mencuci jok baiknya dilakukan di hari libur sehingga seharian mobil tidak dipakai dan menjemur jok bisa seharian penuh juga, agar kering maksimal. Berbeda dengan material kulit yang tinggal dilap maka kering secara alami bahan kain pada jok wajib terkena panas matahari langsung. Pastikan kering sempurna karena lembab sedikit bisa membuat jok mobil Anda mengeluarkan aroma tak sedap.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *