Home » Tips dan Trik » Permasalahan Pada AC Mobil dan Cara Mengatasinya

Permasalahan Pada AC Mobil dan Cara Mengatasinya

Mobil mempunyai banyak komponen kendaraan yang digunakan untuk membuatnya terasa nyaman ketika dikendarai. Salah satunya adalah ac mobil yang berfungsi sebagai pendingin udara sehingga tidak membuat suhu panas di dalam mobil ketika sedang berkendara. Oleh karena itulah ac ini sangat penting untuk dipasang dan digunakan di dalam mobil. AC yang dipasang di dalam mobil tersebut kadang mempunyai permasalahan sehingga dapat untuk mengganggu fungsinya. Oleh karena itulah ac tersebut memerlukan perawatan yang sesuai dengan masalah yang dirasakan. Misalnya beberapa masalah ac pada mobil dan cara mengatasinya yang tepat adalah sebagai berikut ini:

Permasalahan Pada AC Mobil dan Cara Mengatasinya

  • Permasalahan bau tidak sedap

Permasalahan pertama dari masalah yang terjadi pada ac di dalam mobil adalah ketika ia mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bagi Anda yang mempunyai ac yang mempunyai bau tidak sedap ketika dinyalakan maka harus menanganinya dengan tepat untuk dapat menghilangkan bau tersebut. Biasanya bau busuk tersebut bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, dan juga mikroorganisme yang ada pada bagian kisi-kisi AC. Oleh karena itulah cara ampuh untuk menghilangkan bau tersebut adalah dengan menggunakan cairan anti bacterial treatments. Cara menggunakannya sendiri sangat mudah dimana bisa untuk dibeli di toko aksesoris mobil dan cukup dengan menyemprotkannya pada bagian kisi-kisi ac sehingga dapat membuat bau tidak sedapnya hilang.

  • AC kurang dingin

Masalah kedua yang sering dialami AC mobil adalah karena kurang dingin. Dimana ketika hal ini terjadi maka yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan perawatan di bengkel. Masalah ac yang kurang dingin sendiri biasanya dikarenakan terjadi kebocoran dan juga harus mengganti bagian refrigerantnya. Sehingga untuk mengatasi hal ini memerlukan tenaga ahli dan tidak bisa diperbaiki sendiri. 

  • AC mengeluarkan bunyi aneh

Permasalahan lainnya yang sering dialami adalah apabila ac mengeluarkan bunyi aneh. Ada banyak sekali masalah AC yang ada seperti mengeluarkan bunyi aneh ketika sedang dihidupkan. Bunyi yang tidak biasa tersebut juga menunjukkan gejala ac harus segera diperbaiki dengan cara memasukkannya ke dalam bengkel. Suara aneh yang keluar pada AC biasanya karena ada kerusakan pada bagian kompresor sehingga bisa untuk menyerahkannya untuk diperbaiki di bengkel. 

  • AC yang jarang dihidupkan

Ketika memasang AC mobil maka sebaiknya hidupkan ac tersebut terus menerus. Anda bisa untuk menghidupkan sistem ac terus menerus karena hal tersebut justru lebih sehat. Dimana menghidupkan ac dapat untuk membuat regrigerantnya terus bersikulasi dan hal tersebut akan bermanfaat untuk mencegah kebocoran pada ac. Pelumas regrigerant juga dapat untuk merawat pada bagian kompresor yang dapat untuk membuatnya lebih lembab dan mencegah kering karena dapat untuk membuat sistem bocor.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *