Home » Tips dan Trik » Pernak – pernik Tune Up Mobil

Pernak – pernik Tune Up Mobil

Anda pengguna mobil pasti pernah melakukan ini. Baik mobil anda baru ataupun tidak terbilang baru. Ini memang terbilang keharusan bagi anda yang memiliki mobil. Tune up, ya itulah namanya. Sadar atau tidak sadar anda pasti pernah melakukannya. Minimal sekali pasti pernah. Bagi anda yang memang rutin melakukannya, langkah anda sudah tepat dan harus tetap diteruskan. Untuk kenyamanan anda juga ketika anda mengendarai mobil anda. Istilah ini memang sering didengar. Tapi mungkin sebagian orang hanya tahu istilah tanpa mengetahui lebih jauh pernak – pernik tune up mobil. Ya, memang tidak wajib untuk diketahui karena anda tinggal datang ke bengkel untuk aktifitas ini. Tapi tidak salah juga jika anda mengetahui sekilas tentang ini.

Pernak – pernik Tune Up Mobil

Mengapa mobil harus ditune up?

Ini menjadi penting sekali karena untuk meningkatkan kesadaran anda akan perlunya melakukan tune up. Tanpa mengetahuinya, mungkin anda akan menganggap ini sepele.  Berikut adalah sekilasa gambaran kenapa hal ini harus anda lakukan. Bahkan harus rutin dilakukan.

Baca Juga:Kenapa Harus Tune Up Mobil?

  • Menjaga performa mobil

Sesuai pengertiannya, tune up itu berfungsi untuk menjaga dan mengembalikan mesin mobil  agar menjadi optimal kerjanya. Bila masih bagus maka akan dijaga kondisinya. Bila mulai menurun akan diupayakan dikembalikan kondisinya.

  • Memperpanjang usia mobil

Logikanya sangatlah sederhana sekali. Bila kondisi mobil anda terjaga dan terpelihara tentu saja tidak akan cepat rusak atau menurun kondisinya. Efek akhirnya tentu saja umur mobil anda lebih panjang atau lebih lama.

  • Meminimalisir terjadinya mogok atau kecelakaan

Ketika anda tune up mobil anda, sistem pendingin, sistem bahan bakar, sistem pelumasan, pengapian, katup, rem dan lain sebagainya dicek. Bila ada yang kurang sesuai disetting kembali atau bila perlu diganti, diganti. Logikanya sederhana, artinya kondisi mobil anda selalu prima siap dikendarai. Hal simpel yang menjadi contoh adalah sistem pendingin. Bayangkan jika sistem pendingin mobil anda tidak bekerja atau minimal tidak optimal, maka mesin mobil anda akan cepat panas. Mogok adalah resiko yang paling mungkin alami.

Nah, mungkin setelah dikasih gambaran, walaupun sepintas, anda menyadari pentingnya aktifitas ini. Jadi biasakan rutin lakukan ya.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *