Home » Onderdil Mobil » Persiapan Lelang Mobil

Persiapan Lelang Mobil

Kemudahan dalam  kepemilikan mobil  melalui pembiayaan dari perusahaan finance memang menjadi solusi yang banyak dicari. Perusahaan pembiayaan memang menjamur di Indonesia. Semua berkompetisi untuk memberikan pelayan yang terbaik kepada konsumen. Tapi seperti biasa ini ibarat 2 sisi mata uang. Akibat jeleknya analisa  dalam pemberian pembiayaan membuat menumpuknya mobil sitaan akibat konsumen wanprestasi. Ujung – ujungnya lelang mobil menjadi alternatif terakhir. Harga yang ditawarkan memang biasanya dibawah harga pasar. Ini dilakukan perusahaan pembiayaan sekedar untuk meminimalkan kerugian atau sekedar menutup jumlah tagihan tidak tertagih konsumen. Buat anda yang tertarik untuk mengikuti proses lelang, berikut persiapan lelang mobil yang harus anda ketahui.

Siapkan dana yang memadai

Ini jelas menjadi hal yang sangat penting. Meskipun dalam lelang mobil harga yang ditawarkan cenderung lebih murah tapi tetap memerlukan dana yang tidak sedikit tentunya. Belum lagi biasanya harus menyiapkan dana untuk administrasi dan deposit  sebagai tanda bahwa anda menjadi salah satu orang yang mengikuti lelang.

Liat daftar mobil yang dilelang

Ini menjadi sangat penting, agar anda mengetahui lebih dulu mobil – mobil yang akan dilelang. Apakah ada yang sesuai dengan jenis yang anda inginkan. Jangan lupa lihat harganya juga rasional atau tidak. Untuk bagian ini ada baiknya anda tidak mengincar 1 mobil saja, cari alternatif beberapa mobil lainnya. Karena peserta lelang dipastikan bukan anda saja. Jadi kalau anda tidak mendapatkan mobil yang anda inginkan masih ada alternatif mobil lainnya yang bisa anda perjuangkan untuk dimiliki. Tapi sebelumnya, ada baiknya anda kenali dulu kebutuhan anda, jenis mobil seperti apa sebenarnya yang anda butuhkan saat ini. Jadi ketika anda mengikuti lelang, tepat sasaran.

Pelajari aturan main lelang mobil

Mengikuti sebuah lelang tentu saja ada tidak sembarangan seperti  anda membeli ke dealer. Ada aturan main yang harus anda ketahui sebelumnya. Jadi sebelum anda mengikuti lelang,lebih baik datangi perusahaan yang mengadakan lelang tersebut. Gali informasi sedetail mungkin tentang aturan mainnya. Jangan sampai anda gagal melalukan lelang karena kurang informasi atau salah informasi. Sharing dengang yang pernah ikut lelang juga akan menjadi hal yang bijaksana dilakukan.

Periksa kelayakan mobil yang anda incar

Ketika anda sudah menentukan beberapa alternatif pilihan mobil yang anda inginkan. Jangan lupa untuk memeriksa atau mengeceknya lebih dulu. Pengecekan standar ketika anda membeli mobil bekas. Cek mesinnya, bodinya, kaki – kakinya, bannya, sistem audionya dan lain sebagainya. Untuk ini ada baiknya anda mengerti mengenai mesin. Bila tidak ada baiknya membawa seorang yang mengerti mesin atau seorang montir untuk mendampingi anda.

Nah, selamat mengikuti lelang mobil.

Be Sociable, Share!
Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *