Home » Perawatan Mobil » Pilah-pilih Oli Mobil yang Tepat untuk Mesin dengan Tips Berikut Ini

Pilah-pilih Oli Mobil yang Tepat untuk Mesin dengan Tips Berikut Ini

 

Oli merupakan benda penting bagi Anda yang memiliki kendaraan, termasuk mobil. Bisa dibilang jika oli mobil ini adalah minyak pelumas untuk mesin yang berbentuk cairan kental. Penggunaan oli ini fungsinya adalah untuk merawat keseluruhan komponen di dalam mesin serta menambah usia pakai pada mesinnya. Lapisan di dalam oli ini bagus untuk bisa mencegah gesekan di logam komponen, menghindari aus, melindungi komponen mesin dari karat hingga mampu membersihkan dinding pada mesin.

 

Perlu diketahui jika pada dasarnya semua oli itu sama yakni fungsinya adalah sebagai pelumas sehingga mesin mobil bisa berjalan dengan mulus. Tapi perlu diketahui jika tingkat kekentalan yang ada pada tiap pelumas ini berbeda sehingga ditujukan untuk tiap mesin mobil yang berbeda. Jadi, jika oli yang dipakai tidak pas dengan karakter yang ada di mobil, maka hal ini akan bisa mempengaruhi pada performa mesin sehingga bisa menjadikannya cepat panas serta aus lantaran masalah pada sirkulasi olinya tak lancar.

 

Sebelum pilah-pilih oli yang tepat, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini lebih dulu, yaitu:

Karakter kendaraan

Pertama Anda tentu harus paham dulu spesifikasi yang ada di kendaraan dan juga lingkungan saat Anda berkendara. Dalam hal ini suhu, debu hingga kelembaban udaranya harus dipahami betul. Umumnya kendaraan yang ada di musim panas butuh oli berbeda ketika kendaraan saat melewati musim dingin. Tapi tenang, mengingat musim di Indonesia yang tak jauh berbeda, maka Anda pun akan dengan mudah menemukan jenis oli yang bisa dipakai selama spesifikasi bisa diterima.

Tingkat kekentalan oli

Seperti yang sudah dijelaskan di awal jika oli mobil punya tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Tingkat kekentalan ini berhubungan dengan ukuran kekentalan pelumas yang mengalir di sela komponen. Nantinya tingkat kekentalan oli ini akan bisa langsung berpengaruh ke performa kendaraan sehingga Anda harus paham benar. Jika memang Anda tidak tahu, maka bisa meminta rekomendasi dari mekanik.

Perhatikan kualitas oli

Setiap oli punya standar mutunya masing-masing sesuai kemajuan teknologi mesinnya. Dalam hal ini da dua kelas yaitu API Services dimana pelumas ini untuk bensin dan API Commercial dimana biasa dipakai untuk mesin diesel. Dengan cara ini maka Anda akan lebih mudah dalam menyesuaikan jenis oli yang akan dipakai.

 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih oli untuk kendaraan Anda. Oli mobil adalah hal penting yang wajib diketahui setiap pemilik dan pengguna mobil. Pastikan oli itu selalu diganti secara berkala sesuai dengan tanggal yang ditetapkan sehingga performa mesin akan selalu baik dan Anda pun nyaman berkendara.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *