Home » Perawatan Mobil » Review Mobil Austin Princess (1956) Mobil Tua dan Legendaris Milik John Lennon

Review Mobil Austin Princess (1956) Mobil Tua dan Legendaris Milik John Lennon

John Lennon, siapa yang tidak kenal dengan mantan vokalis The Beatles yang terkenal di dunia ini. Namanya sangatlah populer di seluruh dunia. Hampir sebagian orang yang hidup di generasinya pasti pernah mendengar namanya atau paling tidak pernah mendengar lagu-lagunya. Yap, John Lennon memang nama yang begitu fenomenal dalam jagat seni modern, khususnya musik dan penulis lirik. Tapi apakah Anda tahu mobil kesayangan Lennon, yang pernah ia kendarai bersama istrinya John Lennon. Austin Princess keluaran produksi 1956. Adalah mobil tua dan legendaris milik Lennon.

Mobil tua tersebut pernah  pernah dikendarai John Lennon sepanjang hidupnya. Bagiamana tidak legendaris mobil Austin Princess tersebut.Mobil itu sangat penting dan penuh kenangan  bagi Lennon. John Lennon membeli mobil antik Austin Princess itu pada tahun 1971, Lennon menggunakan mobil Austin Princess untuk promosi album Imagine. Lennon  mengendarai mobil Austin Princess itu dengan istri tercintanya yang juga seorang seniman, Yoko Ono, yang setia selalu menemani Lennon di sampingnya. Mobil ini mobil romantis bagi Lennon.

Apa Itu Mobil Austin Princess?

Mobil Austin Princess adalah serangkaian mobil mewah besar yang dibuat oleh Austin dan anak perusahaan Vanden Plas 1947-1968. Dari bulan Oktober 1959 nama Princess digunakan pada versi deluxe dari mobil  kelas menengah 6/99 & 6/110 dan A99 & A110 BMC. Dari bulan Oktober 1962 Princess digunakan pada versi deluxe dari Austin / Morris 1300. Mulai bulan September 1975 Princess digunakan sebagai nama untuk diproduksi secara massal mobil keluarga 1800/2200 kisaran Austin / Morris / Wolseley Leyland ini. [2]

Baca Juga: Ini Dia 4 Mobil Tua Terpopuler

Pertama kali Austin Princess A120 diluncurkan pada tahun 1947 sebagai model flagship yang paling mahal di kisaran Austin pada saat yang sama dengan A110 Austin Sheerline (dirancang selama perang) yang body mobil tersebut diproduksi  pada chassis yang sama di Longbridge, A110 yang menghasilkan 10 tenaga kuda lebih yang dilengkapi dengan karburator tunggal. Kedua mobil selalu memiliki tubuh yang besar dan berat dalam penampilan. Putri (kode Model A120) menampilkan body oleh coachbuilder Vanden Plas dan merupakan sedan besar atau limusin. Mobil itu ditawarkan dengan dua interior yang berbeda. The “DM” atau jenis limusin memiliki partisi kaca geser antara pengemudi dan penumpang belakang ditambah meja piknik, dan “DS” adalah saloon. Saloons berhasil sebagai mobil top-eksekutig.

Model Princess telah diperbarui selama bertahun-tahun melalui Mark I (A120), versi Mark II (A135) dan Mark III, variasi terbesar menjadi pengenalan versi panjang wheelbase pada tahun 1952 dengan body yang lebih panjang dan tujuh kursi: selain itu bodywork dan gigi berjalan hampir tidak berubah, begitu pula 4-liter lurus-6 mesin. radiator cukup tegak dalam gaya kuno dan mobil memiliki sayap depan yang terpisah, tapi mobil-mobil ini selalu lebih modern dalam gaya dari Bentley setara berukuran atau Rolls-Royce.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *