Home » Tips dan Trik » Review Mobil Tua Legendaris Moris Mini Chooper 1959

Review Mobil Tua Legendaris Moris Mini Chooper 1959

Moris Mini Chooper adalah mobil berukuran mini yang diproduksi oleh British Motor Corporation berdasarkan English (BMC) dan penerusnya dari  tahun 1959 sampai 2000. Mobil ini dianggap sebagai ikon dari tahun 1960-an budaya populer Inggris. Mobil sangat hemat-ruang yang melintang pada mesin front-wheel drive tata letak – memungkinkan 80 persen dari luas wilayah floorpan mobil yang akan digunakan untuk penumpang dan bagas. Pada tahun 1999 Mini Chooper sebagai mobil yang paling berpengaruh kedua di abad ke-20, di belakang Ford Model T, dan Citroën DS dan Volkswagen Beetle. Mobil tua morris mini cooper, mempunyai tampilan yang minimalis, dengan hanya mempunyai 2 pintu. Mobil Morris Mini Cooper adalah mobil yang digunakan Mr. Bean pada film-filmnya.

Mobil dua pintu khas ini dirancang untuk BMC oleh Sir Alec Issigonis. Diproduksi di Longbridge dan Cowley  di Inggris, Victoria Park / Zetland British Motor Corporation (Australia) pabrik di Sydney, Australia, dan kemudian juga di Spanyol (Authi), Belgia, Chili, Italia (Innocenti), Malta, Portugal , Afrika Selatan, Uruguay, Venezuela dan Yugoslavia. Mini Mark I memiliki tiga update UK utama – Mark II, yang Clubman dan Mark III. Dalam ini adalah serangkaian variasi, termasuk mobil estate, sebuah truk pick-up, van dan Mini Moke.

Versi kinerja, Cooper Mini dan Cooper “S,” berhasil baik sebagai reli mobil, memenangkan Monte Carlo Rally pada tahun 1964, 1965 dan 1967. Pada tahun 1966, Mini pertama ditempatkan didiskualifikasi setelah selesai, di bawah keputusan kontroversial menyoal lampu mobil yang melanggar peraturan.

Baca Juga: Perancangan dan Pembuatan Mesin Mobil Mini Chooper Klasik

Pada pengenalannya ke publik pada bulan Agustus 1959, mobil tua nan legendaris  ini  dipasarkan di bawah nama-nama Austin dan Morris, sebagai Austin Seven dan Morris Mini Minor. Austin Seven berganti nama Austin Mini di bulan Januari 1962  dan Mini menjadi marque pada tahun 1969. Pada tahun 1980 sekali lagi menjadi Austin Mini dan pada tahun 1988 Rover Mini. Lalu BMW mengakuisisi Grup Rover (sebelumnya British Leyland) pada tahun 1994, dan dijual sebagian besar dari itu pada tahun 2000, tapi mempertahankan hak untuk membangun mobil menggunakan nama MINI.

Versi produksi dari Mini ditunjukkan kepada pers pada bulan April tahun 1959, dan pada bulan Agustus beberapa ribu mobil telah diproduksi siap untuk penjualan pertama. Mobil tua yang cukup populer di zamannya  secara resmi diumumkan ke publik pada tanggal 26 Agustus 1959. Sekitar 2000 mobil sudah dikirim ke luar negeri dan akan ditampilkan hari itu di hampir 100 negara.  Contoh pertama, Morris Mini Minor dengan pendaftaran 621 AOK, yang dipamerkan di Heritage Motor Centre di Warwickshire. Contoh awal lain mobil mini dari tahun 1959 sekarang dipamerkan di National Motor Museum di Hampshire.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *