Home » Tips dan Trik » Review Mobil Tua Terbaik: Boss 429 Mustang (1969)

Review Mobil Tua Terbaik: Boss 429 Mustang (1969)

Mobil Tua — Boss 429 Mustang adalah mobil buatan Ford yang pernah diproduksi 1969 dan 1970. Mobil Mustang For Boss 429 ini (juga dikenal sebagai “Boss 9” oleh para penggemar mobil Ford). Bisa dikatakan, Boss 429 Mustang salah satu mobil otot paling langka dan paling berharga sampai saat ini.

Secara total ada 1358 unit mobil Boss 429 Mustang yang diproduksi. Boss 429 dibuat sebagai akibat dari NASCAR. Ford berusaha mengembangkan mesin Hemi yang bisa bersaing dengan terkenal 426 Hemi dari Chrysler di NASCAR Sprint Cup Series (kemudian dikenal sebagai “Grand National Division”). aturan homologasi NASCAR diperlukan bahwa setidaknya 500 mobil dilengkapi dengan mobil ini dan dijual ke masyarakat umum.  Sekarang Boss 429 Mustang, adalah salah satu mobil tua dan klasik terbaik sepanjang masa.

Mesin Boss 429 Mustang berasal dari Mesin Ford 385. Mengusung dan menggunakan listrik empat baut, engkol baja ditempa dan ditempa batang baja yang saling menghubungkan. Mesin ini menampilkan kepala silinder aluminium, dengan ruang pembakaran dimodifikasi jenis Hemi yang Ford sebut “Crescent”. Kepala ini menggunakan metode “dry-dek”, yang berarti tidak ada gasket kepala yang digunakan.

Setiap silinder, bagian minyak dan air bagian memiliki individu “O” gaya cincin meterai untuk menutup erat-erat. Mesin Boss 429 Mustang yang digunakan satu Holley empat barel karburator dinilai pada 735 CFM dipasang pada intake manifold aluminium yang mengalir dengan baik seiring waktu.

Baca Juga: Review Mobil Tua Legendaris Moris Mini Chooper 1959

Kompartemen mesin Mustang  tidak cukup lebar untuk menampung besar Boss 429 mesin. Akibatnya Ford menugaskan Kar Kraft dari Dearborn, MI memodifikasi 4 kecepatan Cobra Jet Mustang untuk menerima mesin baru Boss 429 Mustang.

Kar Kraft dikontrak oleh Ford secara eksklusif untuk melakukan eksperimental yang berfungsi sebagai Rekayasa Kendaraan untuk kendaraan khusus Ford. Kar Kraft sebelumnya telah mengembangkan GT40 MKII dan merancang & membangun GT40 MKIV, yang pernah memenangkan ajang LeMans 24 Hour Race di Perancis pada tahun 1966 & 1967. Produksi Mobil Boss 429 Mustang dimulai pada tahun 1968 di pabrik perakitan baru Kar Kraft di Brighton, Michigan

Berikutnya baterai direposisikan ke bagasi dan 3/4″ bar bergoyang kaku ditambahkan ke bagian belakang untuk meningkatkan penanganan. Ini adalah Mobil Mustang pertama yang dilengkapi dengan bar bergoyang belakang, dan itu terutama ditangani jauh lebih baik daripada Mustang besar-blok lain waktu, sehingga jalur mobil yang sangat mampu. itu datang dilengkapi dengan tachometer 8,000rpm, dan  radio hanya AM.

Pada tahun 1969 ada 859 unit Boss 429 Mustang dibuat oleh Ford Motor Company, dua di antaranya adalah Cougars untuk Divisi Balap Lincoln / Mercury. Ada lima warna yang berbeda yang tersedia pada tahun 1969 (Raven Black, Wimbledon Putih, Royal Maroon, permen apel merah, dan Black Jade), dan satu-satunya warna untuk interior hitam. Di zaman sekarang mobil Boss 429 Mustang, menjadi salah satu mobil tua yang banyak diburu kolektor mobil antik.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *