Home » Tips dan Trik » Rutin Ganti Oli Mesin Kendaraan Ternyata Memberi 4 Manfaat Ini!

Rutin Ganti Oli Mesin Kendaraan Ternyata Memberi 4 Manfaat Ini!

Bagi pemilik kendaraan dijamin membutuhkan oli mesin yang bagus untuk menunjang kinerja mesin kendaraan tersebut. Jenis kendaraan ini bisa berupa mobil bisa pula sepeda motor dan keduanya membutuhkan oli untuk menunjang kinerja mesinnya. Oli ini sering juga disebut sebagai cairan pelumas yang memang ketika dituang ke mesin kendaraan nantinya akan melumasi komponen yang aktif bergerak di dalam mesin tersebut. Cairan ini berbeda dengan bensin sebab lebih kental dan cenderung menempel pada permukaan yang dilintasinya.

 Rutin Ganti Oli Mesin Kendaraan Ternyata Memberi 4 Manfaat Ini!

Manfaat Oli Pada Mesin Kendaraan

Berdasarkan karakter tersebut maka cairan pelumas ini berfungsi untuk melapisi komponen mesin, dan tugas atau manfaatnya antara lain:

  • Mencegah komponen mesin mudah aus,

Mesin di dalam kendaraan akan bekerja dengan cara bergerak searah dari sejak di starter hingga dihentikan. Gerakan ini membuat komponen di dalam mesin saling bertumbukan atau bergesekan, tanpa adanya pelumas. Bisa jadi komponen ini mudah aus dan membuat pemilik kendaraan tekor karena lebih sering ganti sparepart. Maka oli ini membantu melindungi komponen mesin agar bisa bekerja lebih lama dan tidak lekas aus atau rusak.

  • Berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin,

Proses pembakaran bahan bakar di dalam mesin kendaraan bisa meningkatkan suhu mesin dan juga bagian dalam kendaraan tersebut. Maka jangan sampai Anda menaiki atau mengemudikan kendaraan yang mesinnya panas karena rentan mogok di tengah jalan maupun overheat. Penambahan oli mesin dan diganti secara berkala bisa membantu menurunkan dan menstabilkan suhu mesin. Sehingga proses pembakaran sumber tenaga mesin berjalan baik tanpa harus membuat suhu mesin melebihi suhu normal.

  • Meredam getaran pada mesin,

Oli yang memiliki sifat melapisi dan menempel pada komponen di sekitarnya bisa melapisi komponen mesin kendaraan dengan optimal. Nantinya bisa meredam getaran sewaktu mesin tersebut bekerja sehingga selain mencegah aus dengan cepat. Juga bisa meredam getaran dari kinerja mesin kendaraan tersebut, alhasil baik motor maupun mobil akan memiliki suara yang halus. Jika rutin diganti tepat waktu maka meski umur kendaraan sudah lima tahun suaranya masih merdu untuk didengarkan, maka cobalah mengatur jadwal ganti oli dengan seksama.

  • Membantu mencegah korosi dan kotoran di mesin,

Pelumas yang berkualitas dan masih baru akan bekerja optimal melapisi semua komponen mesin yang bergerak secara teratur. Selain membantu mencegah gesekan berlebihan agar tidak lekas aus, proses melapisi ini juga mencegah korosi. Komponen mesin kendaraan biasanya terbuat dari logam yang jika bertemu kotoran dan kelembaban akan mudah berkarat yang nantinya rusak parah. Adanya oli melapisi komponen tersebut sehingga terlindung dari korosi maupun kotoran jenis lainnya. Memastikan mesin bersih dan bebas korosi bisa dengan rutin ganti oli mesin.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *