Home » Tips dan Trik » Sejarah Lahirnya Jeep

Sejarah Lahirnya Jeep

Sejarah Lahirnya Jeep dimulai ketika menjelang  Perang Dunia II tepatnya Juni 1940, angkatan darat Amerika Serikat mengajukan penawaran untuk kontrak pertama  kepada 135 perusahaan otomotif untuk membuat kendaraan berbobot ringan yang akan digunakan untuk kepentingan pengintaian. Angkatan darat Amerika Serikat mewajibkan kendaraan yang akan dibuat harus mempunyai spesifikasi  daya angkutnya 272 kg, sistem penggeraknya 4 roda, bobot kendaraan sekitar 590 kg, harus mempunyai 3 kursi dan kaca depan bisa dilipat.  Dari ratusan perusahaan yang ditawarkan hanya 3 perusahaan yang sanggup untuk membuat kendaraan tersebut. Ketiga perusahaan itu bernama American Bantam Car Company of Butler, Willys Overland dan Ford.

Perusahaan Otomotif American Bantam Car Company of Butler berhasil menciptakan prototype jeep pertama kalinya dan pada tanggal 23 September 1940 prototype tersebut diuji coba oleh angkatan darat Amerika di Camp Holabird, Batimore. Akhirnya prototype rancangan Bantam berhasil melalui serangkaian uji coba dan mereka mendapatkan kontrak pertama untuk menyelesaikan 70 Unit yang akan dijadikan kendaraan uji coba angkatan darat Amerika. Perusahaan otomotif Bantam berhasil mengalahkan Willys untuk mendapatkan kontrak pertama dar angkatan darat Amerika. Penyebab kegagalan Willys dalam mendapatkan kontrak pertama adalah tidak bisa memenuhi jadwal pengiriman kendaraan yang terlalu singkat.

Perusahaan Willys Overland dan Ford terus berusaha  menciptakan prototype yang sesuai dengan standar dari angkatan darat Amerika. Pada awal tahun 1941 pemerintahan Amerika Serikat mengeluarkan kontrak kepada ketiga perusahaan otomotif yaitu Bantam, Willys dan Ford untuk pembuatan 1.500 kendaraan uji . Pada Februari 1941 Ford telah menyelesaikan 1.500 kendaraan bernama Pilot Ford Pygmy disusul oleh Bantam pada bulan Maret 1941 dengan model BRC40. Pada akhir Juni 1941 akhirnya Willys berhasil menyelesaikan 1.500 dengan model Willys MA.   

Willys Overland berhasil menciptakan Willys MA atau Military model A dengan system penggerak 4 roda, bobot kendaraan sekitar 182 Kg, posisi rem tangan di sebelah sisi kiri, posisi pemindah gigi pada batang kemudi . Setelah melewati serangkaian ujicoba yang dilakukan oleh angkatan darat akhirnya pada Juli 1941 Willys berhasil mendapatkan kontrak 16.000 unit. Untuk memenuhi pesanan tersebut Willys menciptakan model baru yang bernama Willys MB atau Military Model  B yang merupakan penyempurnaan dari willys MA. Sebagian besar jeep Willys MA dikirimkan ke sekutu Amerika Serikat yang berada di Rusia dan Inggris melalui program pinjaman sewa guna usaha.

Setiap tahun Willys Overland memproduksi kendaraan model dengan teknologi terbaru seperti  contoh kendaraan CJ-2A yang diproduksi tahun 1945, Willys Wagon diproduksi Tahun 1946 dan banyak lagi kendaraan produksi Willys dengan model terbaru lainnya. Pada tahun 1944 Perusahaan Willys Overland baru memproduksi kendaraan jeep untuk umum  dengan menambahkan lampu bagian belakang dan melepaskan segala macam perlengkapan militernya.

Pada tahun 1953 perusahaan Willys Overland dijual ke Kaiser Motor dan mengalami beberapa kali pergantian nama menjadi mulai dari Willys berubah menjadi Willys Jeep dan akhirnya menjadi nama Jeep. Pada tahun 1970 merek tersebut dijual ke American Motor Co yang menjalin kemitraan dengan Renault  mulai tahun 1980. Sampai akhirnya American Motor Co diakuisi oleh Chryster.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *