Home » Aksesoris Mobil » Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot Sebelum Perang Dunia Pertama

Sejarah Terciptanya Mobil Peugeot Sebelum Perang Dunia Pertama

Prancis merupakan sebuah Negara maju terletak di eropa barat dengan beribu kota Paris yang dijuluki kota mode oleh para designer – designer busana di seluruh dunia. Selain menjadi pusat industri  mode, Prancis terkenal juga dengan industri otomotif yang memproduksi mobil buatan dalam negeri  dan produksinya telah terjual ke seluruh dunia. Mobil buatan dalam negeri tersebut diberi nama Peugeot. Untuk mengenal lebih jauh mengenai mobil tersebut berikut informasi mengenai sejarah terciptanya mobil Peugeot.

Mobil ini tercipta berawal pada tahun 1810 sebuah keluarga yang berasal dari sochaux, Prancis mendirikan sebuah usaha yang bergerak di bidang penggilingan kopi dan pembuatan sepeda spesifikasi roda depan lebih besar daripada roda belakang. Keluarga ini  kemudian menambah bidang usahanya dengan memproduksi peralatan teknik. Meskipun tanpa merk dagang usaha pembuatan sepedanya  beserta usaha lainnya terus berkembang. Pada tanggal 20 November 1858 memasangkan logo berbentuk hewan singa sebagai merk dagangnya. Logo singa digunakan untuk mencerminkan ketajaman rahang singa yang diidentikkan dengan peralatan teknik seperti gergaji yang diproduksi oleh keluarga Peugeot. Lambang singa in diciptakan oleh Justin Blaze dan sejak tahun 1850 sampai tahun 2010 telah mengalami beberapa kali perubahan bentuk logo.

baca juga : Mercy Tiger, Mobil Legenda Era 80 an

Ketertarikan salah satu anggota keluarga Peugeot yaitu armand Peugeot pada dunia otomotif berawal setelah bertemu dengan Gottlieb Daimler yang telah berhasil meyakinkan armand Peugeot untuk terjun ke bidang otomotif.  Pada tahun 1889 Armand Peugeot bersama Leon Serpollet berhasil merancang dan memproduksi mobil beroda tiga dengan bertenaga mesin uap. Kemudian pada tahun 1890 Armand Peugeot meninggalkan mobil uap dan mulai merancang dan memproduksi mobil roda empat dengan mesin berbahan bakar bensin ciptaan Panhard dengan lisensi Daimler. Pada tahun 1892 Armand Peugeot mulai memproduksi mobil sebanyak 29 unit kemudian pada tahun 1894 memproduksi lagi 40 unit. Produksinya terus berlanjut sampai pada tahun 1899 berhasil memproduksi 300 unit mobil. Peugeot merupakan produsen pertama yang menciptakan ban berbahan karet yang cocok dan padat dibandingkan dengan mobil yang sejenis di zamannya. Selain itu Peugeot merupakan pionir pada arena balapan mobil.

Akibat adanya konflik keluarga, pada tahun 1896 Armand Peugeot memisahkan diri dari perusahaan keluarga dan mendirikan perusahaan otomotif yang bernama Societe des Automobiles Peugeot dan membangun pabrik baru di daerah Audincourt. Armand Peugeot berhasil memproduksi mobil tanpa ketergantungan mesin dari Daimler. Mesin pertamanya yang dibuat sendiri adalah mesin bertenaga 8 HP yang dipasangkan di belakang tipe 15. Pada tahun 1901 Peugeot berhasil menciptakan mobil bermesin 653 cc satu silinder dan diberi nama bebe yang menjadikan mobil ini mempunyai citra yang konservatif. Di tahun yang sama Peugeot memutuskan keluar dari dunia balap setelah kegagalannya melewati garis finish pada kedua mobilnya. Setelah melakukan penyempurnaan dalam rancangan mesin mobilnya pada tahun 1912 Peugeot memutuskan kembali ke dunia balap dengan membentuk tim khusus untuk balapan yang beranggotakan para ahli – ahli di bidang balap mobil. Dengan team tersebut Peugeot berhasil menjadi mobil yang terbaik pada waktu itu.

Demikianlah sejarah yang lumayan panjang terciptanya mobil Peugeot sebelum dimulainya perang dunia pertama.   

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *