Home » Tips dan Trik » Sekilas Informasi Tentang Mobil Manual dan Mobil Matic

Sekilas Informasi Tentang Mobil Manual dan Mobil Matic

Mobil merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan pada saat ini. Permintaan akan kebutuhan mobil mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini didukung oleh perusahaan otomotif ternama seperti Toyota, Daihatsu, Honda dan perusahaan lain yang tiap tahunnya saling bersaing dalam memproduksi type – type mobil dengan menawarkan fitur – fitur yang canggih yang dapat memanjakan  calon pembeli.  Selain fitur yang canggih, keamanan dan kenyamanan  merupakan dua  faktor yang bisa dijadikan pertimbangan ketika akan memilih mobil. Salah satu teknologi yang mendukung kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya adalah teknologi transmisi atau system perpindahan gigi. Pada dasarnya system transmisi pada mobil dibedakan menjadi 2 yaitu mobil dengan transmisi manual atau mobil manual dan mobil dengan transmisi otomatis atau mobil matic. Sebelum menentukan pilihan untuk membeli mobil manual atau mobil matic para pembeli sebaiknya mencari informasi tentang kedua jenis mobil tersebut.  Berikut ini sekilas informasi tentang mobil manual dan mobil matic.

  • Mobil Manual.
  • Perpindahan gigi masih menggunakan  pedal dan tuas kopling yang kadang – kadang setiap melakukan proses perpindahan gigi terasa agak kasar. Bagi pemula akan mengalami kesusahan dikarenakan pengendara haru berkonsentrasi pada pedal gas, rem dan tuas transmisi.
  • Dari segi pengoperasian, pengendara harus berkonsentrasi dan tahu fungsi kedua tangan dan kaki. Seperti kaki kiri berfungsi untuk menginjak kopling ketika akan melakukan perpindahan gigi, kaki kanan untuk menginjak gas dan rem secara bergantian, tangan kiri mempunyai fungsi untuk memindahkan tuas transmisi dan tangan kanan untuk memegang stir kemudi. Hal ini akan menyebabkan pengendara akan cepat mengalami kelelahan terutama ketika situasi jalan mengalami kemacetan.
  • Perputaran mesin pada mobil manual bisa diatur sehingga kinerja mesin tidak terlalu berat sehingga i bahan bakar yang dikonsumsi tidak boros.
  • Perawatan mobil tidak memerlukan biaya yang terlalu besar dikarenakan harga komponen – komponen mobilnya seperti kopling, rem  masih terbilang murah.

  • Mobil Matic.
  • Perpindahan giginya menggunakan alat yang bernama gear box. Pengendara tidak lagi harus menginjak kopling ketika akan melakukan perpindahan gigi. Hal ini akan memudahkan para pengendara pemula untuk mengendarai mobil ini.
  • Pengoperasian mobil ini sangat mudah hanya menggunakan kaki kanan yang berfungsi untuk menginjak rem dan gas dan tangan kiri yang berfungsi sesekali untuk melakukan proses perpindahan gigi. Kondisi ini akan membuat pengendara nyaman dan tidak mudah lelah meskipun jalan dalam keadaan macet.
  • Konsumsi bahan bakar lebih boros dikarenakan kinerja mesin lebih berat dan perputaran tidak bisa diatur secara manual.
  • Biaya perawatan terbilang mahal karena harga komponen – komponennya juga masih mahal ditambah harus mengeluarkan biaya lagi untuk perawatan berkala diantaranya  setiap menempuh jarak 50.000 km harus melakukan pergantian plat kopling dan oli transmisi harus sering diganti karena daya tahan oli tersebut tidak bertahan lama.

Informasi di atas merupakan sedikit informasi yang bisa dijadikan pertimbangan atau acuan memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *