Home » Tips dan Trik » Simak 4 Cara Cerdas Memilih Oli Mobil Berikut Ini Agar Tak Keliru

Simak 4 Cara Cerdas Memilih Oli Mobil Berikut Ini Agar Tak Keliru

Cairan pelumas pada mesin mobil atau oli mobil tentu menjadi kebutuhan bagi semua pemilik kendaraan roda empat ini. Sebab fungsi utama dari cairan kental berwarna kekuningan ini adalah untuk melumasi mesin mobil yang aktif bergerak. Sehingga gesekan antar komponen tidak menimbulkan retak, penyok, dan semacamnya sehingga onderdil mesin cenderung lebih awet. Kemudian juga berdampak pada suara mesin mobil yang lebih halus karena gesekan antar komponen mesin bisa diminimalisir. Begitu banyak fungsi oli ini maka jangan memilih sembarangan.

Simak 4 Cara Cerdas Memilih Oli Mobil Berikut Ini Agar Tak Keliru

Cara Cerdas Memilih Oli Mesin Mobil

Oli untuk mobil yang tersedia di pasaran cukup banyak terlepas dari oli buatan pabrikan merek mobil Anda. Beberapa cara di bawah ini membantu Anda memilih dengan benar:

  • Sesuaikan dengan karakter mobil,

Sebenarnya tak perlu menjajal semua merek oli khusus mobil di pasaran untuk menemukan yang terbaik. Anda cukup membaca buku panduan di bagian oli mesin untuk mengetahui karakter oli yang sesuai mesin tersebut. Nantinya akan disebutkan titik beku dan titik didih terbaik untuk melumasi mesin, jadi bisa disesuaikan dengan keterangan di dalam kemasan oli.

  • Memperhatikan bahan baku oli,

Di pasaran terdapat dua jenis oli yakni oli mineral yang terbuat dari material alami seperti minyak bumi. Jenis kedua adalah oli sintetis yang murni terbuat dari bahan kimia yang diracik sedemikian rupa dan menghasilkan oli yang bersifat aditif. Khusus untuk mobil tua dan antik lebih cocok memakai oli mineral, sedangkan mobil rakitan baru lebih ideal memakai oli mobil dari bahan sintetis. Jadi tinggal disesuaikan saja dengan tahun rakitan mobil Anda agar tak salah beli oli.

  • Mencermati tingkat kekentalannya,

Saat membeli oli di dalam kemasannya akan terdapat istilah SAE, biasanya dicetak di bagian depan kemasan. SAE ini merupakan kependekan dari Society of Automotive Engineer yang nantinya berkaitan dengan tingkat kekentalan oli tersebut. Semakin tinggi nilai SAE-nya maka akan semakin kental sehingga daya lumasnya pada mesin semakin baik. Namun nilai SAE ini juga berhubungan dengan titik didih, jadi kembali ke point pertama di atas. Baiknya melirik buku panduan dulu agar tak asal kental.

  • Pastikan membeli oli baru,

Oli merupakan kebutuhan vital setelah bensin bagi mesin mobil Anda, jadi usahakan teliti saat membelinya. Tak hanya harus disesuaikan kebutuhan mesin mobil melainkan wajib memastikan membeli oli yang masih baru. Jika dilihat warnanya akan bening kekuningan sampai keemasan, bukan berwarna gelap sebab warna gelap artinya oli tersebut sudah bekas. Daya lumasnya akan sangat buruk sehingga mesin mudah rusak dan berisik, jadi pastikan membeli oli mobil yang kemasannya masih tersegel rapat.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *