Home » Tips dan Trik » Spesifikasi Mesin Mobil Balap Drag Race

Spesifikasi Mesin Mobil Balap Drag Race

Tidak sedikit penggemar mobil balap yang ada di Indonesia saat ini, dimulai dari jenis even yang sering diadakan sejumlah promotor untuk mendapatkan pembalap baru dan menyaring bakat-bakat anak muda agar tidak berkeliaran dijalan seperti even drag race, drifting, reli dan Speed off-road.

Spesifikasi Mesin Mobil Balap Drag Race

Namun banyak yang awam dengan sepesifikasi mesin yang baik untuk terjun dalam adu kecepatan tersebut. Karena even mobil balap yang diadakan sudah bisa dipastikan memiliki aturan dan regulasi yang mana harus dipatuhi peserta diantaranya dari mesin, bodi dan jenis kendaraan serta kapasaitas mesin.

Regulasi tersebut harus benar-benar dipatuhi seluruh peserta, jika ada yang melanggar maka akan mendapatkan sanksi yang berat yakni diskualifikasi, meskipun peserta tersebut berhasil meraih juara namun akan ditarik titel tersebut dan diberikan kepada urutan dibawahnya.

Dalam artikel ini kami akan memberikan sejumlah informasi regulasi untuk mobil balap yang pas untuk pada even yang anda ikuti diantara sebagai berikut.

Untuk even drag race peserta lomba terutama yang daftar di kelas FFA Free For All yang sering digunakan dengan menggunakan mesin dari Mitsubishi 4G63T. Anda sebaiknya memilih generasi awal, yakni type Evolition 1-3 karena seri tersebut sebagai salah satu mesin paling banyak diminati beberapa peserta, karena harga dari mesin tersebut terjangkau dan biaya tune up bisa disesuaikan isi dompet namun performanya tetap tidak diragukan lagi

Sesuai dari wawancara salah satu tuner dari mekanik Sigma Speed, Indra Wijaya  yang menyebutkan jika mesin Mitsubishi 4G63T menjadi pilihan para dragster karena memiliki keunggulan konfigurasi inline dengan 4 silinder, dan itu sudah tidak asing untuk mekanik lokal dibandingkan dengan inline 6 silinder, V8, rotary dan jenis boxer yang mana lebih rumit juag lebih mahal biaya tune up juga membutuhkan budget yang tidak sedikit

Namun untuk spesifikasi mesin yang digunakan mobil balap dragster memilih menggunakan mesin yang lain. Di antaranya menggunakan Honda B keluaran 1989 untuk kelas freee For All Motor. Menggunakan Mesin type B20 Frankestein yang menjadi target sejumlah dragster karena mesin itu bisa distroke sampai 2.200 CC.

Untuk Dragster berlomba di kelas 14 detik, dari data secara umum banyak yang lebih pilih Honda L15A i-VTEC karena mesin tersebut mampu menembus waktu 13 detik syaratnya menggunakan turbo. Sedangkan yang menggunakan Honda 1. 500cc ini yang menjadi piliahan sejumlah drasgter lebih meilih Honda karena banyak type yang menjadi pilihan seperti Jazz , Brio, Mobilio, City, HR-V dan Freed.

Spesifikasi mesin tersebut yang umumnya dipakai dalam even mobil balap yang berbeda, tergantung anda membaca sirkuit semoga info ini bermanfaat dan tetap jaga keselamatan Anda.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *