Home » Tips dan Trik » Tanda – tanda Mobil Matic Bermasalah

Tanda – tanda Mobil Matic Bermasalah

Setiap pengendara kendaraan roda empat, pasti mengalami ketidaknyamanan ketika mengendarai kendaraannya. Wajar memang karena kondisi mobil tidak mungkinselamanya dalam kondisi baik sesuai dengan kondisi awal dari pabrik. Jadi kemungkinan terkena masalah karena mobil anda itu sangat mungkinterjadi. Sebenarnya mau mobil jenis apapun jika bermasalah, tetap tidak menyenangkan ketika anda mengalaminya. Tapi karena mobil matic merupakan kendaraan terbilang jenis baru jadi masalahnya belum terlalu diketahui oleh sebagian orang. Nah, seandainya anda mengetahui gejala dari masalahnya, mungkin  anda akan terhindar dari masalah yang lebih besar. Agar anda terhindar dari masalah yang lebih besar, berikut tanda – tanda mobil matic bermasalah.

Tanda – tanda Mobil Matic Bermasalah

  • Gigi mundur susah digunakan

Hati – hati ada kemungkinan mobil matic anda mengalami keruksakan sistem mekanik transmisi otomatis . Ada baiknya anda cepat mengeceknya ke bengkel .

  • Lemah di tanjakan

Tanda masalah pada mobil matic ini terlihat saat mobil melalui tanjakan. Mobil tidak mampu melalui tanjakan atau minimal terlihat lemah sekali meskipun tuas transmisi sudah dipindah ke posisi 1 atau L. Disisi lain pedal gas sudah ditekan atau diinjak dalam – dalam.

  • Lampu indikator menyala

Nah kalo ini tanda mobil matic bermasalah yang gampang dikenali. Ketika memeriksa lampu check engine dan kemudian lampu indikator menyala, maka bis dipastikan ada keruksakan di transmisi atau kelistrikan.

  • Suara keras pada posisi netral

Jika ini terjadi maka anda harus secepatnya membawa mobil anda ke bengkel. Suara keras ini terjadi karena adanya keausan pada bearing – bearing khususnya pada input shaft.

Baca Juga:Sekilas Informasi Tentang Mobil Manual dan Mobil Matic

  • Getaran pada mobil matic

Anda harus peka mengenai hal ini. Memang sewajarnya akan terjadi getaran ketika mesin mobil menyala. Tapi anda harus bisa bisa membedakan antara getaran normal dan bukan. Getaran yang menunjukan masalah biasanya sangat mengganggu kenyamanan. Hati – hati ini bisa berbahaya karena kemungkinan getaran itu berasal dari kampas kopling  hangus atau aus .

  • Perpindahan gigi terjadi hentakan

Pada umumnya mobil matic perpindahan transmisi atau gigi itu halus. Kalaupun agak kurang halus mungkin masih wajar. Tapi bila suatu saat anda mengalami perpindahan transmisi atau gigi seperti ada hentakan dimana mbil terasa seperti terdorong secara tiba – tiba, itu tanda masalah. Masalah yang paling mungkin terjadi adalah adanya masalah pada sistem mekanis atau sistem elektronis. Hal itu bisa di cek dengan socket OBD pada engine scanner.

  • Bau oli terbakar

Jika suatu saat anda mengalami hal ini bisa dipastikan mobil matic anda mengalami overheating. Hal ini akibat kekurangan pelumas transmisi dan bisa juga karena bocor. Bila dibiarkan bisa kerusakan bisa merembet pada bagian lainnya.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *