Home » Harga Mobil » Tata Cara dan Persyaratan Mengikuti Lelang mobil di Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

Tata Cara dan Persyaratan Mengikuti Lelang mobil di Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

Tiap tahun kejahatan korupsi di Indonesia semakin banyak. Para oknum semakin merajalela melakukan tindakan yang merugikan Negara ini meskipun Komisi Pemberantasan Korupsi telah sering melakukan operasi tangkap tangan terhadap pelaku korupsi ini. Selain itu Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK terus melakukan berbagai cara untuk membuat jera para pelaku korupsi. Diantaranya hasil kejahatan korupsi yang merugikan Negara akan dirampas dan kemudian dilelang ke masyarakat umum. Sebagian besar barang yang dirampas dan dilelang adalah kendaraan mobil. Komisi Pemberantasan Korupsi akan mengundang kepada siapa saja untuk mengikuti proses lelang asal sesuai dengan tata cara dan persyaratan yang berlaku. Berikut ini tata cara dan persyaratan mengikuti lelang mobil di Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.
Mempunyai Akun yang Telah Terverifikasi.
Peserta lelang harus mempunyai akun yang sudah terverifikasi di situs lelangdjp.kemenkeu.go.id. Bagi peserta yang sudah mempunyai akun bisa langsung sign-in atau bagi peserta yang belum mempunyai akun bisa pilih sign-up. Akun dan password akan didapat setelah melengkapi proses registrasi. Peserta harus memastikan memiliki alamat email yang benar dan valid karena kode aktivasi yang berfungsi untuk mengaktifkan username akan dikirim ke alamat email peserta lelang.
Memilih objek lelang.
Setelah username nya aktif para peserta bisa memilih lelang pada Katalog yang telah disediakan. Setelah memastikan memilih objek lelang para peserta harus mendaftarkan nomor identitas Kartu Tanda Penduduk atau KTP dan Nomor Peserta Wajib Pajak atau NPWP kemudian softcopynya diunggah.
Memiliki Rekening Bank
Para peserta wajib memiliki rekening bank atas nama peserta tersebut dan mendaftarkannya ke alamat di atas untuk kepentingan pengembalian uang jaminan bagi para peserta yang kalah dalam proses lelang tersebut. Para peserta akan mendapatkan virtual account yang akan digunakan untuk menyetorkan uang jaminan lelang. Nomor virtual account ini bisa dilihat di dalam menu status lelang. Uang jaminan akan diterima dan ditampung di rekening penampungan KPKNL sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setelah peserta dinyatakan lolos dan bersih maka akan diberikan kode token yang akan digunakan untuk menawar lelang mobil tersebut.

Peserta diwajibkan hadir.
Pada proses penawaran peserta lelang wajib datang dan tidak boleh diwakilkan oleh siapapun.
Waktu Pelunasan.
Pelunasan harus dilakukan setelah lima hari dari selesainya proses lelang dan akan dikenakan bea lelang sebesar 3 persen dari harga lelang.
Dari proses awal hingga akhir lelang semua dilakukan melalui system komputerisasi karena Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK ingin berusaha menyelenggarakan proses lelang ini setransparan mungkin sehingga masyarakat bisa mengawasi proses lelang ini dan menghindari praktek kecurangan – kecurangan yang bisa merugikan semua pihak.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *