Belgia merupakan sebuah negara kecil berbentuk kerajaan terletak di bagian barat benua Eropa. Jumlah penduduknya cukup padat  dan secara geografis berbatasan langsung 4 negara yaitu Belanda, Jerman, Luxemburg, francis dan Laut utara. Belgia merupakan Negara  yang memiliki banyak tempat wisata bersejarah seperti bangunan – bangunan tua, gua, museum hingga tempat wisata yang unik dan menyeramkan. Salah satu tempat wisata unik di belgia adalah sebuah kuburan. Kuburan biasanya identik dengan tempat peristirahatan terakhir bagi manusia tapi beda dengan di Belgia ada sebuah kuburan mobil yang terletak di sebuah desa bernama Chatilion, sebelah selatan Belgia. Tempat wisata kuburan mobil tua di Belgia ini dikelilingi oleh pohon – pohon yang sangat lebat.

Di hutan rimbun yang tidak terlalu luas itu teronggok sekitar 500 rongsokan mobil tua yang merupakan peninggalan tentara Amerika Serikat ketika perang dunia ke II. Berbagai macam merk mobil terparkir di hutan kecil itu. Mayoritas merk mobil – mobil tua ini merupakan produk terkenal buatan Jerman seperti Volkswagen. Selain itu ada beberapa merk lain juga seperti Opel, Audi, Ford, dan Buick.   Ketika perang dunia ke II mobil – mobil ini sering dipakai oleh tentara amerika sebagai alat transportasi penunjang perang. Setelah perang dunia ke II berakhir para tentara amerika serikat  dipulangkan lebih awal dan rencananya mobil – mobil akan dikirim menyusul. Namun dikarenakan biaya pengiriman mobil  terlalu mahal dan harus ditanggung sendiri oleh tentara Amerika Serikat maka mobil – mobil tersebut dikirimkan ke sebuah tempat berupa hutan kecil yang dikelilingi pepohonan lebat dan dibiarkan begitu saja sampai menjadi rongsokan.

Meskipun keangkeran hutan tersebut sudah dikenal oleh seluruh dunia tidak menghilangkan  daya tarik wisata kuburan mobil tua untuk mengunjunginya. Pengunjung dari  seluruh dunia sengaja datang ke tempat ini dengan berbagai tujuan selain penasaran akan keangkerannya ada juga datang hanya untuk mengabadikan deretan mobil – mobil tua melalui kameranya. Tidak sedikit pula para turis mengunjungi tempat ini hanya sekedar untuk mencari suku cadang untuk mobil tuanya yang mengakibatkan  mobil – mobil tua di hutan tersebut hanya tinggal kerangkanya saja.

Namun sayang kuburan – kuburan mobil tua tersebut tinggal kenangan. Pada tahun 2010 pemerintah Belgia membersihkan hutan tersebut dari rongsokan mobil tua. Alasannya bukan karena masalah keangkeran tempat tetapi karena  mengganggu kesehatan. Mobil – mobil tua tersebut sudah hampir puluhan tahun dibiarkan begitu saja sehingga menyebabkan terjadinya korosi dan karat yang berpotensi menimbulkan penyakit bagi warga sekitar. Deretan ratusan mobil tua yang dulu dikenal dengan kuburan mobil – mobil tua sekarang lenyap dan tinggal menyisakan cerita – cerita mistik untuk warga sekitar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *