Home » Tips dan Trik » Tiga Hal Utama yang harus diperhatikan Ketika Service Mobil Secara Rutin

Tiga Hal Utama yang harus diperhatikan Ketika Service Mobil Secara Rutin

Produsen mobil mewajibkan setiap pemilik mobil untuk melakukan service mobil secara rutin.  Tujuannya adalah untuk menjaga komponen – komponen yang terdapat pada mobil tetap awet dan menjaga keselamatan para pengendara. Mobil tiba – tiba mogok ketika perjalanan sampai terjadinya kecelakaan merupakan beberapa contoh kelalaian pemilik mobil yang lupa untuk melakukan service mobil secara rutin.  Berikut ini tiga hal utama yang harus diperhatikan ketika service mobil secara rutin :

  • Pembersihan

Ada beberapa bagian yang harus dibersihkan ketika service mobil secara rutin contohnya sebagai berikut :

  • Filter Udara

Filter udara berfungsi sebagai sistem pembersihan yang bisa menyaring kotoran atau debu dari udara luar yang akan masuk ke ruang pembakaran mobil sehingga mesin mobil bekerja lebih maksimal. Efek buruk ketika telat membersihkan filter udara adalah mesin mobil menjadi tidak bertenaga, mesin mobil akan cepat panas yang bisa mengakibatkan mesin cepat rusak dan boros bahan bakar yang diakibatkan terhambatnya udara yang masuk ke ruangan pembakaran. Cara sederhana untuk membersihkan filter udara adalah dengan menggunakan semprotan angin yang berasal dari kompresor.

  • Busi

Busi merupakan komponen pembakaran pada mobil berbahan bensin yang berfungsi untuk menghasilkan bunga api di ruang pembakaran yang dapat merubah energi panas menjadi energi gerak oleh piston. Efek buruk ketika telat membersihkan busi adalah mesin mobil tidak stabil, jalannya tersendat – sendat, dan mesin mobil sering mati dalam keadaan normal. Tahapan untuk pemeriksaan busi dimulai dari pengecekan kondisi busi mobil untuk mengetahui apakah sudah aus atau mati atau hanya kotor, identifikasi kondisi busi untuk mengetahui busi masih dipakai atau harus diganti, membersihkan busi yang kotor dengan cara menyikat busi atau menggosok dengan amplas.

  • Pemeriksaan

Fungsi dari pemeriksaan adalah untuk mencegah kerusakan kecil menjadi kerusakan yang lebih besar sehingga memerlukan biaya yang besar untuk memperbaikinya.  Berikut contoh beberapa komponen mobil yang harus diperiksa ketika service mobil secara rutin :

  • Rem

Rem merupakan komponen penting yang sering digunakan oleh pengendara mobil yang berfungsi  untuk menghentikan laju kendaraan mobil. Pengendara mobil wajib memeriksa kondisi rem secara rutin untuk menghindari kecelakaan.

  • Roda – roda mobil

Pemeriksaan pada roda depan dan belakang mobil untuk mengetahui habisnya karet – karet ban mobil, keseimbangan antara roda depan atau roda belakang.

Baca Juga:Tips Perawatan Mobil Matic Bagi Wanita

  • Penggantian

Penggantian ini dilakukan untuk menjaga umur mesin menjadi tahan lama. Berikut beberapa contoh penggantian ketika service mobil secara rutin :

  • Air radiator

Penggantian air radiator wajib dilakukan oleh pengendara mobil secara rutin untuk mencegah mesin tidak panas. Prosedur penggantian air radiator harus dilakukan secara  tepat  dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan seperti air yang digunakan untuk menguras tidak boleh menggunakan air yang mengandung kadar asam yang tinggi dan mengandung kadar garam dengan tujuan untuk mencegah kebocoran radiator yang diakibatkan korosi.

  • Oli Mesin

Mesin mobil akan awet ketika oli mesin diganti secara rutin. Berikut ini tanda – tanda kapan pengendara mobil harus melakukan penggantian oli yaitu  berdasarkan jumlah kilometer yang telah ditempuh dan berdasarkan hitungan bulan.

Ketiga hal utama di atas harus menjadi prosedur wajib bagi pemilik mobil untuk menjaga keawetan dan kestabilan performa mesin mobil.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *