Home » Tips dan Trik » Tips Agar AC Mobil Tidak Membuat Penggunaan AKI Mobil Boros

Tips Agar AC Mobil Tidak Membuat Penggunaan AKI Mobil Boros

Sebuah mobil ditujukan untuk perjalanan yang lebih nyaman dan aman apalagi jika Anda menggunakannya untuk perjalanan jauh bersama keluarga. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, di dalamnya perlu perangkat kenyamanan sehingga membuat siapa saja yang menumpang menjadi betah dan melupakan lamanya perjalanan. Salah satu komponen kenyamanan di dalam mobil adalah AC mobil dimana sekarang ini hampir semua jenis mobil sudah memilikinya. AC bisa digunakan sepanjang perjalanan sehingga suhu di dalam mobil menjadi lebih stabil dan sejuk.

 Tips Agar AC Mobil Tidak Membuat Penggunaan AKI Mobil Boros

Sama seperti pada AC ruangan, AC yang ada di dalam mobil juga bisa diatur suhunya sesuai dengan keinginan. Semakin kecil atau dingin suhu yang diinginkan maka kinerja AC juga akan semakin berat. Begitu juga dengan luas ruangan mobil yang perlu diberi aliran udara dari AC. Semakin luas interior mobil akan membutuhkan hembusan yang lebih kuat agar sisi paling belakang juga bisa merasakan suhu yang sama. Untuk memudahkannya, sekarang sudah ada double blower yaitu blower tambahan yang dipasang di bagian tengah dan samping mobil untuk jenis mobil dengan 3 baris kabin. 

Jika ac ruangan menggunakan tenaga listrik untuk menghasilkan kerja, maka AC mobil menggunakan tenaga aki mobil untuk melakukan pekerjaannya. Semakin berat dan sering kerja AC maka semakin besar juga daya AKI yang dibutuhkan. Hal ini akan berpengaruh pada waktu pakai AKI Anda dalam satu kali charge. Jika tak ingin penggunaan AKI boros karena juga digunakan untuk perangkat kelistrikan lain seperti lampu dan audio, maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan yang berhubungan dengan penggunaan AC pada mobil yaitu:

  • Atur suhu sesuai dengan jumlah penumpang.

Jika Anda hanya berkendara sendirian maka suhu di dalam mobil akan lebih cepat menjadi dingin dibandingkan jika Anda membawa beberapa penumpang. Karenanya tak perlu menset suhu dengan angka yang terlalu kecil.

  • Tutup semua jendela dengan rapat.

Kinerja AC akan menjadi lebih berat jika ada lubang udara yang menghubungkan ruangan dalam dengan lingkungan luar. Karenanya pastikan semua jendela tertutup rapat agar kerja AC lebih optimal dan tidak memerlukan tenaga AKI yang tidak perlu.

  • Hentikan AC saat udara di luar sudah dingin.

Jika Anda berkendara saat keadaan hujan atau di malam hari, sebaiknya mengurangi suhu AC atau bahkan mematikannya dan menggantinya dengan membuka jendela untuk menikmati angin yang sudah sejuk.

Menggunakan AC mobil memang sangat nyaman apalagi ketika udara luar panas. Namun perlu Anda perhatikan bahwa penggunaan Ac juga akan memakan daya AKI yang cukup besar padahal AKI juga sangat berpengaruh untuk menghidupkan starter mobil, lampu dan kelistrikan yang lainnya. karenanya berhematlah untuk juga menghemat AKI sehingga Anda tak perlu terlalu sering mencharger ulang.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *