Hobi kadang-kadang hanya menjadi ajang membuang-buang uang. Tapi dari sudut pandang orang yang memiliki hobi, menyalurkan apa yang disukai merupakan hal yang menjadi makna tersendiri. Ada orang yag sering bilang “Laki-laki tidak pernah dewasa, hanya mainannya saja yang bertambah besar dan mahal”. Ini adalah ungkapan yang tepat melihat bagaimana hobi otomotif dan hobi-hobi yang lain sering kali mengharuskan para penyuka hobi itu untuk merogoh kocek dalam-dalam. Selain itu, ternyata hobi bisa menjadi suatu bisnis yang menyenangkan. Ada ungkapan lain yang menyatakan bahwa tidak ada hal yang lebih baik selain bekerja pada bidang yang kita sukai. Jadi, berbisnis dalam hobi yang kita sukai akan menambah kepercayaan dan mengumpulkan orang-orang yang memiliki passion yang sama. Mungkin bekerja dan berbisnis akan lebih terasa seperti bermain daripada bekerja. Well, that’s enough for the opening. Berhubung kita sudah berbicara mengenai hobi otomotif. Pada postingan kali ini, mimin ingin berbagi tips tentang modifikasi Scorpio. Selain memberikan beberapa contoh motor-motor yang sudah dimodif, ada juga tips bagian apa saja yang sebaiknya tidak dimodif pada motor. Yuk, langsung check dorn below!

Motor yang akan kita “dandani” kali ini adalah motor Yamaha Scorpio Z. Motor ini merupakan motor jenis touring yang diproduksi oleh Yamaha. Motor dengan performa mesin 223cc ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 19 PS/8000 RPM dan maksimal torsi 1.86 kgf.m/6500 RPM. Body dari motor ini terlihat gahar dan gagah juga sangat nyaman untuk digunakan touring. Sejak dikeluarkan pada tahun 2004 hingga dihentikan produksinya tahun 2009 lalu, motor ini sudah banyak memiliki perubahan-perubahan yang membuat pemiliknya semakin nyaman.

Selain performanya yang sangat nyaman, motor ini memiliki biaya perawatan yang lebih hemat dibandingkan dengan kompetitornya. Juga memiliki konsumsi BBM yang irit jika dibandingkan dengan kompetitor dan performa yang dikeluarkannya. Sayangnya, motor ini memiliki monoshock bagian belakang yang empuk dan kurang nyamana digunakan untuk boncengan. Sementara jika digunakan untuk sendiri akan sangat terasa nyaman. Kemudian, harga jual dari motor ini tidak kembali seperti produk-produk kompetitornya. Dengan diberhentikannya produksi oleh Yamaha dapat dipastikan sparepart dari motor ini akan semakin sulit didapatkan. Sementara substitusi dari sparepart tidak sebanyak ketersediaan kompetitor.

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan dari motor ini, kita selanjutnya akan cek bagian mana saja yang sebaiknya tidak diterapkan pada motor Scorpio custom kesayangan Anda.

  1. Ban

Kebanyak para modifikator sering mengganti ban motornya ke ukuran yang lebih kecil agar kuda tunggangan semakin lincah dikendarai. Tapi ternyata hal itu justru akan membahayakan si pengendara karena akan berbahaya ketika meewati tikungan dan cenderung lebih licin. Tips ketika ingin mengganti ban untuk Yamaha Scorpio Z, pastikan memilik ban yang sesuai untuk kebutuhan  touring Anda. Selain itu, melakukan perjalanan touring pasti menempuh waktu yang cukup lama. Jadi, faktor keselamatan adalah hal yang utama.

  1. Knalpot

Ini dia si sumber kebisingan di jalanan, menggunakan knalpot racing membuat suara motor memang lebih membahana. Namun, rasanya performa dari knalpot kurang sesuai dengan kesan gahar pada Yamaha Scorpio. Selain itu, jiga digunakan melewati pemukiman, khawatir akan menggangu masyarakat yang ada di sana. Boleh sih gaya tapi pertimbangkan kenyamanan sekitar. Salah-salah malah disumpahi oleh mereka yang tidak nyaman.

  1. Stiker

Pasangkan stiker di mana saja sesuka hati pengendara. Ingin yang berukuran besar, kecil, sedang, atau dengan berbagai model dari yang lucu hingga yang manly. Semua ada di tangan si pemilik motor. Di sini kami menyarankan kepada para pengendara untuk tidak menambahkan stiker pada lampu depan. Nyatanya bukan menambah keren kuda besi Anda, malahan akan mengancam nyawa karena menurunkan jarak pandang motor Anda.

Sumber gambar: duckduckgo.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *