Home » Tips dan Trik » Tips dan Panduan Bijak Perawatan Mobil Transmisi Matic

Tips dan Panduan Bijak Perawatan Mobil Transmisi Matic

Di Indonesia ada dua jenis mobil transmisi, manual dan matic. Yang masing-masing mempunyai cara perawatan mobil yang berbeda. Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan informasi terkait cara merawat mobil matic yang benar. Khusus bagi Anda yang belum lama ini memiliki kendaraan mobil matic, sepertinya harus menyisihkan waktu membaca postingan kami kali ini.  Mobil matic memang sangat  nyaman saat dikendarai, dan lebih mudah dalam merawatnya. Tapi jangan salah, karena kemudahannyalah dalam merawat, Anda harus detail dalam mengurusnya dan Anda harus ekstra hati-hati jika ada masalah di transmisi otomatis jika terkena kendala rusak. Karena akan memakan biaya yang cukup besar. Jadi sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, Anda harus mengetahui tips dan panduan dalam merawat mobil matic Anda.

Berikut kami berikan informasi tips dan panduan bijak dalam perawatan mobil matic. Simak rangkumannya di bawah ini, sebagai berikut:

  • Detail Jika Terjadi Gangguan Sistem Transmisi.

Kedetailan Anda sangat dituntut di sini, jika dirasa-rasa mobil matic Anda ada kendala sekecil apapun. Anda harus cepat bertindak dan larikan ke bengkel terdekat. jangan sampai didiamkan berhari-hari, atau malah dipaksakan jalan. Mobil matic biasanya bisa terasa jika ada gangguan saat dalam perjalanan. Gangguan umum yang terjadi pada transmisi mobil matic biasanya ada pada Perseneling yang terasa berbeda saat digunakan, yakni cenderung lebih kasar dan tidak enak. Untuk itu Anda harus hati-hati jika memindahkan gigi pada mobil matic. Adanya pergesekan yang cukup kasar dan tidak hati, pada gearbox berpindah, akan membuat perseneling mobil Anda bermasalah. Jadi hati-hati. Pindahkan gigi dengan santai, tenang dan perlahan-lahan. fungsi mobil matic dihadirkan ke masyarakat ya untuk membuat Anda lebih santai dan nyaman saat berkendara.

  • Cek Secara Berkala Kondisi Mesin Mobil Matic

Mobil matic yang digunakan setiap hari untuk beraktifitas maupun untuk bekerja, berarti mempunyai volume kinerja yang cukup ekstra pada mesinnya. Ceklah secara berkala kondisi mesin Anda pada  akhir pekan, dibengkel langganan Anda. Perawatan mobil matic, biasanya harus diperiksa dengan rutin. Untuk mengecek kondisi transmisi. Untuk memastikan tidak terjadi kebocoran fatal pada mesin transmisi mobil Anda. Cek juga apakah ada tetesan-tetesan minyak, oli, kaki-kaki, perseneling, ATF, dan ban. Dengan mengecek mobil matic Anda secara rutin, maka kerusakan pada sistem transmisi bisa diminimilisir. Untuk tambahan, Anda juga harus mengecek ban depan dan ban belakang, untuk menambahkan volume angin. Agar kondisi ban Anda menjadi lebih prima.

  •  Cek Automatic Transmisiom Fluid, secara rutin

Fungsi ATF atau Automatic Transmision Fluid, sebagai pelumas transmisi untuk memberikan tenaga untuk memindahkan gigi matic. Untuk itu Anda harus rajin-rajin mengecek ATF Anda. ATF harus diganti jika ada oli yang bocor, atau tidak adanya volume oli. Sebagai oli yang penting pada gearbox transmisi, Anda harus memahami hal tersebut sebagai bagian terpenting yang harus dicek.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *