Home » Tips dan Trik » Tips dan Trik Modifikasi Mobil Agar Tidak Salah Konsep

Tips dan Trik Modifikasi Mobil Agar Tidak Salah Konsep

Dunia otomotif semakin mengalami keberagaman terutama dengan hadirnya modifilkasi mobil yang sekarang menjadi trand bagi pecinta kendaraan roda empat. Dengan modifikasi menjadikan mobil terlihat unik, berbeda dari yang lain.

Beberapa orang memilih memodifkasi sesuai dengan seleranya masing-masing. Untuk memodifikasi mobil sangat membutuhkan pemikiran yang matang agar tidak salah langkah. Karena modifikasi membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dalam artikel ini kami akan membagikan tips dan trik bagi Anda yang akan memodifikasi kendaraannya dengan harapan dapat meminimalisir pengeluaran biaya dan bisa dijadikan poin agar hasil modifikasi maksimal. Simak tips dan triknya berikut ini.

Siapkan Perencanaan Awal, Tentukan Konsep

Sebelum melakukan modifikasi mobil, yang pertama-tama harus dilakukan adalah membuat/ menentukan konsep modifikasi seperti apa yang akan diaplikasikan pada mobil. Jadi perencanaan awal sebaiknya mengetahui terlebih dahulu aliran modifikasi mobil, seperti: Itasha, Classic, Elegant, Off Roader, Retro, Luxury dsb.

Anda bisa melihat contoh-contoh aliran mobil di internet atau bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada ahli/ jasa modifikasi yang sudah terbukti keahliannya. Dengan konsultasi ke ahlinya Anda akan lebih paham dan bisa mencurahkan modifikasi seperti apa yang Anda inginkan.

Siapkan Anggaran

Dana adalah hal yang penting dalam usaha memodifikasi mobil. Jadi setelah Anda mendapatkan bayangan modifikasi apa yanga kan diterapkan usahakan disesuaikan dengan budget dana yang dimiliki.

Baca Juga:Berbagai Tips Modifikasi Mobil dengan Budget Minimal

  • Buat list dan daftar spart part

Langkah ini bisa dengan riset mencari tahu harga spart part yang dibutuhkan. Anggaran biaya selain dialokasikan untuk pemebelian bahan, juga dialokasikan untuk biaya jasa modifikator hingga proses modifikasi selesai.

Jika Anda membutuhkan dana modifikasi yang sangat mahal tidak ada salahnya mengurangi budget pembelian mobil baru dan gunakan mobil bekas/ mobil lama.

  • Berapa lama waktu modifikasi

Lamanya waktu modifikasi menentukan juga rancangan anggaran, terutama jika mobil yang dimodifikasi digunakan untuk kendaraan sehari-hari. Jadi tentu akan sangat rugi jika mobil disimpan di bengkel selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan karena kegiatan sehari-hari diganti sementara menggunakan kendaraan umum.

Nah, jadi sebaiknya sesuaikan dengan jadwal kegiatan agar tidak mengganggu aktivitas Anda. Usahakan pilih bengkel terpercaya yang bisa menangani modifikasi tepat pada waktu sesuai dengan waktu yang  dijanjikan.

Kenali dan Pahami Resiko Modifikasi

Tidak jarang banyak orang yang mengeluh setelah modifikasi selesai dilakukan karena kurang paham mengenai modifikasi. Misalnya: malah mengganti velg mobil yang terlalu besar menyebabkan mobil gestot atau mentok.

Atau ada juga yang memodifikasi komponen listirk yang malah membuat performa mobil menurun. Nah, untuk menghindari hal tersebut maka sebelumnya Anda harus mengetahui batas-batas kewajaran dan kenyamanan saat berkendaraan. Karena walaupun modifikasi mobil bisa /boleh seperti apapun juga namun harus disesuaikan dengan kebutuhan apalagi mobil modifikasi digunakan sehari-hari

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *