Home » Tips dan Trik » Tips Melakukan Servis AC Mobil Sendiri di Rumah, Dijamin Hemat

Tips Melakukan Servis AC Mobil Sendiri di Rumah, Dijamin Hemat

Memiliki kendaraan pribadi membuat kita harus lebih aware mengenai perawatannya. Perawatan bisa secara mandiri pada komponen mobil seperti AC. Dengan melakukan servis AC mobil sendiri, Anda bisa meminimalkan pengeluaran setiap bulan dan tetap menjaga keawetan kendaraan milik Anda.

Tips Melakukan Servis AC Mobil Sendiri di Rumah, Dijamin Hemat

Ternyata melakukan servis AC mobil di rumah cukup sederhana. Berikut beberapa langkah melakukan perawatan pada mesin pendingin mobil.

Pemeriksaan Expansion Valve

Langkah yang pertama bisa Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan pada expansion valve yang berada di luar evaporator. Anda bisa mengetahui adanya kebocoran seal sambungan pipa jika menemukan oli pada kotak ini.

Pemeriksaan Evaporator

Anda bisa menilai bahwa evaporator kotor adalah dari hembusan yang dikeluarkan AC saat ia dinyalakan dengan kecepatan maksimal yakni udara yang keluar hanya sedikit. Jika hal ini terjadi sebaiknya Anda segera membersihkan kotoran pada komponen ini.

Pemeriksaan Blower

Servis AC mobil juga bisa Anda lakukan saat mendengar mesin pendingin pada mobil Anda begitu berisik. Hal ini menandakan bahwa di dalam blower terdapat kotoran yang masuk. Bukan hanya karena kotoran, hal ini juga bisa disebabkan blower yang aus.

Pemeriksaan Kondensor AC

Saat melakukan pembersihan, periksalah bagian sirip pada kondensor dengan memastikan ada tidaknya kebocoran pada komponen tersebut. Anda juga bisa memeriksa keadaan sirip adakah yang tertekuk atau adanya kotoran di dalam komponen.

Pemeriksaan Drive Belt

Anda harus memperhatikan kondisi komponen ini, pastikan tidak ada yang retak. Jika ada segera ganti sebelum ia putus. Apabila drive belt putus ia juga akan berdampak pada mesin yang overheating dan aki yang tidak bisa melakukan charging.

Pemeriksaan Kondisi Freon AC

Saat melakukan servis AC mobil, Anda juga harus mengecek kondisi freon AC pada sight glass. Pastikan kondisinya baik dengan melihat gelembung putih yang berubah menjadi bening saat mobil pada posisi idle kemudian di gas.

Pemeriksaan Selang Fleksibel dan Pipa-Pipa

Anda bisa memeriksa pada komponen ini karena kemungkinan terjadi kebocoran di keduanya. Kebocoran bisa dilihat jika Anda menemukan pipa yang basah akibat oli pada bagian sambungannya.

Periksa Kondisi Kompresor AC

Anda juga perlu memeriksa kondisi fisik dari kompresor saat melakukan servis AC mobil. Jika kotor karena oli bisa jadi hal ini disebabkan oleh kebocoran pada kompresornya maupun mesin yang lain dan bisa diperiksa dengan manometer gauge.

Pemeriksaan Magnetic Clutch

Pada kompresor Anda bisa memeriksanya secara langsung dengan melihat gerakan centerpiece yang ditarik magnet ketika AC mobil hidup. Selain itu, jika terdengar keras maka bisa dipastikan terjadi keausan pada permukaan.

Pemeriksaan Receiver Drier

Komponen ini berfungsi sebagai filter penyaring kotoran agar tidak masuk ke katup ekspansi. Saat servis AC mobil periksalah bagian in dan out ada atau tidak kebocoran yang terjadi. Hal ini disebabkan seal yang mengeras melemahkan sambungan.

Pemeriksaan Fan Condensor

Fan Condensor adalah komponen yang berfungsi membuang suhu panas pada kondensor. Waspadai karena saat kecepatan menurun, kondensor bisa overheating.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *