Home » Tips dan Trik » Tips Membeli Velg Racing Mobil Bekas

Tips Membeli Velg Racing Mobil Bekas

Velg  mobil anda rusak ? Atau anda ingin mengganti velg standar ke velg racing? Saran pertama adalah belilah velg yang baru. Alasannya sangat logis. Velg baru lebih terjamin kondisi dan kualitasnya. Wajar karena memang belum pernah dipakai sama sekali. Jadi masih dalam kondisi sesuai pengiriman dari pabrik. Masalah velg rusak atau ganti selesai. Tunggu dulu, bagaimana  bila dana yang anda miliki saat ini tidak mencukupi untuk membeli yang baru? Solusinya adalah dengan membeli yang bekas. Selesai sudah. Belum tentu, muncul masalah baru yaitu bagaimana cara memilihnya agar tidak tertipu atau minimal kondisi velg tidak sesuai dengan yang diharapkan? Untuk anda, inilah tips membeli velg racing mobil bekas.

 Tips Membeli Velg Racing Mobil Bekas

  • Tentukan velg racing yang anda inginkan

Hal yang pertama yang anda harus lakukan adalah kenali mobil anda. Termasuk ukuran velgnya tentunya. Cari referensi sebanyak – banyak tentang velg racing yang cocok untuk mobil anda. Cari info juga tentang harga baru dan harga secondnya.

  • Rerefensi  rekomendasi penjual

Maksudnya adalah ada baiknya anda sharing dengan orang yang biasa bergelut di bidang velg atau bidang otomotif.  Atau sharing dengan teman atau komunitas tertentu. Mintalah saran rekomendasi penjual yang bisa anda datangi. Tentu saja penjual yang menjual velg – velg racing bekas dengan kualitas baik, koleksinya terbilang lengkap  dan jujur.

  • Periksa kondisi

Nah, sekarang anda mulai masuk ke sisi teknis. Untuk memeriksa kondisi velg racing bekas ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :

  • Pastikan velg masih mulus

Cek apakah permukaannya rata atau tidak dan tidak penyok. Bila tidak penyok dan presisi itu hal positif pertama yang bisa anda ambil.

Baca Juga:Pernak – pernik Velg Racing

  • Periksa bibir velg

Untuk yang memang ada pecah atau ada cacat yang lumayan parah memang sepintas bisa dilihat. Tapi bila sangat tipis kecacatannya, ada cara untuk mengeceknya. Letakan velg racing di atas kaca. Jika ada bagian yang bergelombang atau pernah diperbaiki, maka akan terkihat celah  kaca dan velg. Tentu saja pengecekan dengan balancing machine lebih baik dan akurat.

  • Hati – hati velg yang dicat ulang

Biasanya penjual menutupi cacat dengan mencat ulang. Periksa tulisananya biasanya tidak jelas, berarti bekas dicat ulang. Anda harus lebih teliti berarti.

  • Hindari velg bergaris

Ini jelas menunjukan pernah terjadi sesuatu pada velg tersebut.

  • Periksa luang baut (PCD)

Nah ini juga tidak kalah penting. Tidak jarang karena alasan tertentu lubang baut berubah akibat modifikasi ubahan PCD.  Proses pengeboran dan pengecoran ulang bisa membuat velg tidak lurus lagi. Belum lagi material cor belum tentu menyatu kuat,bisa berbahaya.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *