Home » Tips dan Trik » Tips Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Tips Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Semua yang memiliki kendaraan beroda empat tentunya pernah bertanya ban mobil yang seperti apa sih yang baik itu, sebelum kita membahas ban yang berkualitas ada baiknya kita memahami dengan detail sikaret bundar tersebut. Ban bagian yang sangat penting untuk kendaraan anda.

Tips Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Bagian ini bisa membuat anda nyaman dan aman namun juga bisa sebaliknya, kenapa seperti itu karena ban mobil yang sudah tidak layak jalan atau karetnya sudah mati tidak memiliki cengkraman ke aspal dan itu yang membuat pengemudi gagal mengendalikan mobil.

Ban mempunyai berbagai konstruksi yang kompleks, meskipun yang nada lihat hanya berupa karet bundar yang membalut pelek. Komponen ban itu meliputi carcass atau cassing, tread, sidewall, breaker, belt bahkan bead. Bahkan ban  memiliki peran yang sangat penting antara ban depan dan belakang. Selain itu disisi ban bagian dalam mobil juga sudah menggunakan  oleh manufaktur atau produsen hingga bisa mengoptimalkan kemampuan mobil anda.

Pentingnya ban memang sangat besar kita rasakan bagian yang mampu menahan beban dan guncangan, seabagai penerus adri power mesin serta meneruskan peranan untuk kesetabilan kemudi. Tekanan angin harus sesuai dengan kondisi beban dari kendaraan anda karena itu memiliki pengaruh pada beban dan kinerja ban.

Tekanan angin didalam ban mobil sebagai faktor mobil berjalan degan stabil degan keseimbangan berat kendaraan serta berat muatan dari kendaraan. Selain itu tekanan angin pada ban berpengaruh terhadap guncangan pada mobil dan berpengaruh terhadap meredam guncangan setelah kinerja shockbeker mobil anda. Di bawah ini kami bagikan tips untuk memilih ban dengan tepat:

Pilih Yang Sesuai Kebutuhan

Yang pertama anda sesuaikan dengan kebutuhan mobil anda. Karena banyak yang salah dalam menggunakan ban yang tidak sesuai kebutuhan,  tentukan kebutuhan dari mobil dan aktifitas anda, mobil harian tentunya akan berbeda dengan mobil balap atau mobil yang digunakan medan berlumpur.

Kebutuhan ban untuk aktifitas sehari-hari sebaiknya anda menggunakan ban setandar yang sesuai ukuran, meski ban balap lebih baik kualitasnya namun tidak akan tepat jika digunakan untuk harian, sebab kompon dari ban lebih lembut dan cepat habis. Selain harga dari ban balap lebih mahal dari ban harian, sebab ban ini harganya bisa 2 atau 3 kali dari harga ban biasa, nah jangan buang uang tenaga dalam menentukan ban terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Memperhatikan Jenis Ban Mobil Anda

Menentukan jenis ban menjadi langkah yang kedua untuk anda lakukan, karena denganban yang sesuai performa mobil akan lebih baik dan bertenaga. Jenis ban yang bisa anda lihat diplakat yang ada dipintu dan laci mobil. Selain itu anda juga bisa mencari info tentang type ban dibagian belakang penutup tangki bahan bakar dan tercantum pada tips pemakaian.  

Demikian pejelasan dari tentang cara memilih ban mobil sebelum anda membelinya, semoga artikel ini membantu anda dalam memilih ban agar mobil anda lebih nyaman dan aman.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *