Home » Tips dan Trik » Tips Memilih Busi Mobil Balap dan Rekomendasi Mobil Sport Terbaik

Tips Memilih Busi Mobil Balap dan Rekomendasi Mobil Sport Terbaik

Mobil balap merupakan mobil yang biasa digunakan untuk balapan. Mobil ini biasanya disamakan dengan mobil sport yang juga digunakan untuk aksi balapan. Berbeda dengan jenis mobil lainnya mobil ini dirancang khusus dengan beberapa komponen yang lebih kuat saat berada di arena balapan. Hal ini membuat beberapa suku cadang dalam mobil ini perlu diperhatikan dengan sangat baik. Salah satunya adalah busi yang merupakan komponen yang paling penting dan diperlukan ekstra ketelitian dalam memilihnya. Hal ini karena berbeda dengan busi yang digunakan pada mobil MPV atau jenis mobil yang biasa digunakan di perkotaan.

 Tips Memilih Busi Mobil Balap dan Rekomendasi Mobil Sport Terbaik

Berikut adalah tips memilih busi untuk balapan diantaranya: 

  • Bentuk metal sheel, bentuk kepala yang disesuaikan dengan blok mesin dan langkah piston. Jika salah maka akan berakibat fatal, piston akan menabrak busi dan menyebabkan kerusakan pada sektor pembakaran.
  • Bentuk elektroda dan kepala busi, busi yang baik adalah yang mampu menahan efek quenching dengan cepat agar inti tetap terjaga dengan stabil.
  • Tingkat panas, dalam proses transfer panas yang diterima oleh busi akan disalurkan ke blok mesin yang ditentukan dengan cara memilih angka yang tertera pada busi tersebut.
  • Resistor, adanya teknologi dalam mengatur sistem pengapian menjadikan busi dengan tipe yang sangat wajib digunakan untuk menghindari adanya gangguan pulse elektrik yang berpotensi menyebabkan mesin bermasalah.

Beberapa tips diatas perlu diperhatikan terutama bagi pengguna mobil balap. Hal ini akan sangat mengganggu performa saat balapan jika busi yang digunakan tidak sesuai. Mobil ini selalu di tancap dalam kecepatan yang tinggi sehingga membutuhkan busi yang dapat tahan terhadap proses perapian didalam mesin. Saat ini mobil sport terkadang digunakan untuk balapan. 

Berikut adalah beberapa mobil sport tersebut: 

  • Toyota GT 86 dengan tampilan eksterior yang memukau, dengan mesin 1500 untuk meluncurkan tenaga 130 hp, dengan transmisi manual maupun otomatis dengan 6 percepatan.
  • Honda CRZ dengan desain sporty yang didukung dengan kecanggihan mesin hybrid sehingga lebih irit terhadap penggunaan bahan bakar.
  • Surbaru Impreza dengan sistem penggerak 4WD pada roda dengan mesin tangguh 2500cc dan tambahan turbo dengan 300 tenaga kuda.
  • Hyundai Genesis Coupe dengan mesin Turbocharged 2 liter dan mampu menyemburkan tenaga hingga 260 tenaga kuda dengan 6000 rpm.

Mobil balap dapat digunakan dengan mobil sport diatas, namun tentunya dengan memperhatikan spesifikasi. Beberapa mobil jenis lainnya dan bukan sport banyak dimodifikasi seolah menyerupai mobil balapan. Hal ini membuat beberapa bagian atau komponen diganti dan tentunya ini bukanlah hal yang murah dan tentunya merogoh kocek para penggunanya. Namun beberapa rekomendasi mobil sport di atas memiliki harga dibawah 1 miliar sehingga cukup terjangkau.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *