Home » Tips dan Trik » Tips Memilih Mobil Terbaik untuk Offroad

Tips Memilih Mobil Terbaik untuk Offroad

Mobil bagi sebagian orang tidak hanya menjadi sarana atau alat transportasi namun juga menjadi media untuk menyalurkan kesenangan seperti offroad. Pada dasarnya, off-road yaitu mengendarai kendaraan di luar dari jalan raya misalnya di alam terbuka yang banyak bebatuannya. Untuk melakukan offroad, maka Anda butuh mobil khusus. Anda bisa memilih mobil terbaik untuk offroad, namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli atau merubah mobil tertentu menjadi mobil offroad.

Jika Anda masih awam, sebaiknya ajak orang yang sudah berpengalaman dalam bidang offroad agar Anda mendapatkan mobil yang tepat. Pertama adalah ukuran ban. Karena mobil offroad akan digunakan untuk melintasi medan yang tidak terduga misalnya yang berbatu dan cukup sulit, maka ban yang harus digunakan adalah ban yang ukurannya cukup besar. Pilih jenis ban yang memiliki ukiran misalnya bergerigi sehingga bisa meminimalisir resiko mobil terselip.

Kedua adalah pertimbangkan kapasitas mesinnya. Mobil terbaik untuk offroad memiliki kapasitas mobil minimal 1500 cc sehingga mobil tersebut tidak hanya nyaman untuk digunakan namun juga bisa menunjang Anda untuk melewati berbagai medan jalan. Dengan CC yang tinggi minimal 1500 CC akan membuat mobil Anda memiliki resiko terselip lebih kecil dibandingkan dengan mobil dengan besar kapasitas mesin yang lebih rendah dari kapasitas tersebut.

Ketiga adalah body mobilnya. Mobil yang akan digunakan untuk melintasi medan yang cukup susah atau medan offroad harus memiliki body yang kuat. Dengan body yang tangguh tersebut akan membantu untuk melindungi Anda sebagai pengendara ataupun sebagai penumpang. Namun, pertimbangkan juga mengenai lintasan yang akan Anda lalui. Misalnya untuk offroad alam terbuka, umumnya adalah jenis mobil yang memiliki bak terbuka yang bisa ditambahkan penutup mobil jika terjadi hujan.

Keempat adalah pertimbangkan jenis mobilnya. Pilih jenis mobil yang memiliki transmisi yang enteng dan mudah dipindahkan. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan medan yang Anda lalui sehingga resiko terjatuh atau bahkan mobil terbalik menjadi lebih kecil. Selain membeli, Anda bisa juga untuk merombak mobil tertentu menjadi mobil terbaik untuk offroad. Dengan merombak mobil yang sudah ada misalnya jenis mobil yang biasanya digunakan di medan seperti di Kalimantan atau Sumatra yang banyak hutannya, Anda bisa mengeluarkan dana yang lebih sedikit dibandingkan harus membeli mobil offroad dalam kondisi baru dengan harga yang bisa mencapai Rp 400 jutaan lebih. Dengan menggunakan mobil bekas tambang, Anda bisa mulai untuk merombak mulai dari penggantian ban kasar khusus misalnya khusus trek tanah dan pengecekan mesin mobil serta penambahan body bar dan rollbar untuk menjaga mobil agar tidak penyok saat terguling atau terbalik ketika digunakan untuk offroad. Jadi, mau beli ataupun rombak sendiri, pastikan jika spesifikasi mobil tersebut bisa menunjang Anda untuk offroad dengan nyaman.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *