Home » Tips dan Trik » Tips Memilih Shampo Mobil yang Aman dan Benar

Tips Memilih Shampo Mobil yang Aman dan Benar

Memiliki kendaraan berupa mobil bukan hanya tentang bagaimana cara menggunakannya, melainkan kita juga harus tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar. Salah satunya dengan cara menjaga kebersihan dengan rutin mencuci mobil. Namun, mencuci mobil juga tidak boleh sembarangan karena dibutuhkan shampoo khusus untuk membersihkan bagian luar secara keseluruhan.

Tips Memilih Shampo Mobil yang Aman dan Benar

Anda tidak perlu bingung mencari shampoo khusus mobil karena sekarang sudah ada  berbagai jenis produk yang beredar di pasaran, salah satunya seperti shampo yang mengandung wax untuk mencegah noda air menempel di mobil serta memberikan kilau ekstra pada bagian luarnya. Banyak jenis shampo mobil yang ditawarkan membuat konsumen bingung dalam memilih. Untuk itu, simak tips cara memilih shampo yang sesuai dengan kondisi mobil Anda.

Memilih berdasarkan warna mobil

Beda warna mobil, maka beda pula shampo yang digunakan untuk mencucinya. Anda harus memperhatikan kandungan bahan selain deterjen yang ada pada shampo. Misalnya, pada jenis mobil berwarna cerah. Lecet akibat goresan pada warna mobil ini memang tidak terlihat, namun debu kotoran menempel bisa sangat mencolok. Oleh karena itu pilih shampo mobil yang memiliki kandungan detergen yang tinggi. Sebaliknya, untuk warna mobil yang gelap Anda tidak bisa menggunakan shampo jenis ini.

Pilih bahan sesuai tujuan penggunaannya

Banyaknya  shampo mobil yang dijual di pasaran memiliki ragam kandungan bahan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pilihlah shampo dengan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk shampo yang memiliki kandungan bahan wax sangat cocok untuk mengilapkan mobil Anda seketika. Hanya saja shampoo berbahan wax memiliki kadar detergen yang kurang sehingga berdampak pada pembersihan kotoran yang tidak maksimal.

Sedangkan shampo mobil yang berbahan kuat untuk membersihkan noda membandel sangat cocok jika Anda ini membersihkan debu kotoran dan noda air yang menempel pada body mobil Anda secara efektif. Hanya saja jenis shampo ini bisa menyebabkan pelapis mobil dan kaca film mobil terlepas. Oleh karena itu, sebaiknya hindari jenis shampo yang bisa digunakan pada warna apapun.

Untuk mobil yang memiliki pelapis anti air atau cat bening pada mobil Anda, sebaiknya pilih shampo yang khusus diperuntukkan untuk mobil jenis ini.  Shampo ini tidak memiliki banyak campuran dan kadar detergennya juga rendah sehingga tidak merusak bahan pelapis pada mobil Anda. Shampo ini juga bisa digunakan untuk mobil berwarna gelap dan mobil bercat metalik.

Memilih Shampo yang Menghasilkan Banyak Busa

Dalam memilih produk yang tepat untuk shampo mobil Anda, sebaiknya pilihlah yang menghasilkan banyak busa. Pasalnya, jumlah busa yang dihasilkan oleh shampo dapat menghindari goresan antara sponge dan badan mobil saat membersihkannya. Selain itu, busa juga membuat kotoran lebih mudah terangkat.

Memilih Shampo Berdasarkan Frekuensi Penggunaannya

Bagi Anda yang sering mencuci mobil, sangat dianjurkan untuk memilih shampo mobil yang dapat diencerkan dengan air sebelum digunakan agar dapat digunakan berulang kali. Sementara bagi Anda yang mencuci mobil di waktu-waktu tertentu saja, maka Anda bisa memakai tipe shampo yang tidak perlu diencerkan saat ingin digunakan.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *