Home » Modifikasi Mobil » Tips Memodifikasi Mobil Tua Agar Terlihat Keren Sekaligus Tetap Nyaman

Tips Memodifikasi Mobil Tua Agar Terlihat Keren Sekaligus Tetap Nyaman

Mobil tua atau lebih dikenal sebagai mobil klasik tentu banyak dianggap remeh oleh kebanyakan orang pada umumnya. Jangan salah, meski tahun produksinya bisa melebihi umur kita, namun performa mobil klasik tidak boleh diremehkan begitu saja. Bahkan mobil klasik memiliki model dan penampilan yang tak kalah edgy dengan mobil-mobil keluaran terbaru. Beberapa di antara jenis mobil klasik bahkan masih dicari hingga saat ini, terutama untuk dimodifikasi dan dijadikan barang koleksi yang berharga.

Ya, memang benar. Semakin hari justru semakin banyak penggemar mobil klasik. Selain karena murah, mobil klasik juga memiliki unsur artistik yang lebih menonjol dibandingkan mobil keluaran terbaru. Meski kebanyakan memang performa mobil klasik cenderung menurun, namun tak sedikit juga yang performanya masih cukup bagus sehingga tidak perlu dimodifikasi terlalu banyak dan dapat digunakan sehari-hari. Yang terpenting, perawatannya memang harus lebih intens dibandingkan dengan perawatan mobil keluaran terbaru. Nah, bagi yang baru saja menjadi penggemar mobil klasik atau memang berniat memiliki mobil klasik untuk dimodifikasi baik untuk dipakai sendiri atau untuk diikutkan ajang pameran/perlombaan, ini dia tips-tipsnya:

  • Rencanakan desain atau konsep.

Sebelum Anda memodifikasi mobil tua Anda, tentukan terlebih dahulu seperti apa desain yang Anda inginkan. Ini biasanya berkaitan dengan tampilan luar mobil Anda. Ada beberapa jenis aliran modifikasi, di antaranya adalah Luxury, Elegant, Classic, Itasha, Retro dan sebagainya. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu di internet untuk mengetahui sekaligus mendapatkan inspirasi untuk desain/konsep modifikasi yang Anda inginkan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan modifikator mobil dan menerima masukan tentang desain modifikasi yang terbaik.

  • Persiapkan anggaran.

Baik untuk mobil klasik maupun mobil terbaru sekalipun, budget merupakan hal yang paling utama. Perencanaan keuangan yang salah justru akan menyebabkan berbagai hal yang kurang mengenakkan seperti mobil yang tak kunjung jadi, kualitas modifikasi yang tak sesuai harapan dan sebagainya. Untuk memodifikasi mobil klasik biasanya memang terkadang memerlukan budget yang lebih tinggi daripada untuk memodifikasi mobil keluaran terbaru. Yang paling penting sebisa mungkin jangan memodifikasi mobil klasik melebihi harga mobil itu sendiri.

  • Modifikasi atau perbaharuan spare part.

Untuk menjaga performa mobil tua Anda agar tetap nyaman dikendarai, Anda juga harus memperhatikan mengenai modifikasi atau pembaharuan spare part. Sebab spare part pada mobil klasik rata-rata telah aus dan perlu penggantian. Hanya memperhatikan tampilan luar dan modifikasi kabin akan mengganggu akselerasi mobil. Terlebih lagi jika Anda memang berniat untuk menggunakan mobil klasik untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Jangan lupa, Anda harus selalu kenali dan pahami berbagai resiko modifikasi mobil klasik.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *