Home » Tips dan Trik » Tips Mencuci Mobil dengan Benar

Tips Mencuci Mobil dengan Benar

Tanpa kita sadari kesalahan mencuci mobil menjadi penyebab rusaknya mobil itu sendiri. Banyak dari kita mencuci mobil yang penting hanya asal bersih saja. Memang benar, pencucian ini bertujuan agar mobil menjadi bersih. Namun perlu digaris bawahi, mencuci adalah salah satu perawatan mobil yang tidak kalah penting. Ketika mobil bersih namun kualitas mobil menjadi cepat menurun akibat kesalahan mencuci siapa yang mau? Jika Anda tidak mau kualitas mobil Anda cepat menurun karena kesalahan sederhana saat mencuci, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

Tips Mencuci Mobil dengan Benar

Mencuci bagian luar

Berikut beberapa tips melakukan pencucian bagian luar, antara lain:

  1. Hal pertama dan utama yang perlu dilakukan adalah menutup seluruh kaca mobil.
  2. Selanjutnya adalah semprotkan air dengan tujuan untuk membersihkan klorin dan bahan kimia yang berpotensi merusak cat mobil. Ini penting, jika tidak disemprot terlebih dahulu debu atau kotoran bisa merusak cat mobil ketika nanti Anda langsung menggosoknya menggunakan lap.
  3. Gunakan pembersih khusus, gunakan sabun detergen, atau dapat juga menggunakan wax.
  4. Gunakan spons bersih untuk menggosok bagian bodi mobil yang tertutup cat.
  5. Hindari mencuci mobil ketika matahari sedang terik, karena pantulan cahaya dari matahari melalui air bisa memfokuskan pada cat, akibatnya warna cat mobil menjadi memudar.
  6. Mencuci mobil hingga bersih, pastikan jangan sampai ada sabun yang tertinggal. Hal ini harus benar-benar diperhatikan karena jika terdapat sabun yang tertinggal dapat merusak cat mobil.
  7. Lap mobil dengan air bersih dan pastikan tidak ada noda atau minyak yang tertinggal agar tidak berpotensi merusak cat mobil.

Bagian dalam mobil

Interior dalam mobil kotor biasanya disebabkan oleh noda dari tangan atau baju, kotoran bekas makanan dan minuman, atau dapat juga disebabkan dari bekas sepatu dan lain sebagainya. Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan bagian dalam mobil maka mencuci mobil secara berkala adalah solusinya. Berikut adalah hal yang harus dilakukan untuk mencuci mobil bagian dalam:

  1. Membuka pintu mobil, hal ini bertujuan untuk memperlancar proses penguapan udara yang berada di dalam mobil.
  2. Bersihkan bagian dalam dengan mengelapnya menggunakan lap yang dibasahi sedikit air.

Bagian dalam mesin

Bagian ini adalah bagian terpenting, maka usahakan untuk mencuci mobil bagian ini dengan hati-hati, antara lain:

  1. Bersihkan lemak minyak dan kotoran yang melekat pada mesin menggunakan sabun atau minyak tanah.
  2. Acu, kabel, busi, dan sensor adalah bagian yang tidak boleh terkena air. Maka sebisa mungkin bagian dalam mobil ini tertutup. Untuk membersihkannya gunakan lap kering saja.

Ban mobil

Ban mobil adalah bagian yang minim risiko. Gunakan sikat untuk mencuci mobil bagian ban yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada ban.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *