Home » Perawatan Mobil » Tips Mencuci Mobil yang Tepat

Tips Mencuci Mobil yang Tepat

Menjaga mobil agar tetap bersih berkilau, itu sudah kewajiban. Para pemilik mobil sendiri rata-rata juga cukup rajin membersihkan mobilnya sebagai salah satu cara perawatan mobil agar lebih awet. Namun sayangnya prosesnya tidak selalu diikuti cara yang tepat. Untuk tips mencuci mobil kali ini, Anda akan mempelajari apa saja kesalahan umum yang biasa terjadi saat membersihkan mobil tersebut.

Kesalahan-kesalahan tersebut bisa terjadi dalam banyak bentuk. Salah satunya adalah kebiasaan yang keliru. Contohnya:

  1. Mencuci di bawah sinar matahari

Ketika sedang mencuci, butiran air yang menempel akan mengering lebih cepat, membuat bercak-bercak noda di body. Air juga akan cepat panas, membuat mobil cepat kusam.

  1. Hanya mencuci bagian body

Bagian mobil seperti ban dan velg tidak dibersihkan. Padahal dua bagian mobil ini yang setiap hari menyentuh jalan secara langsung. Gunakan sikat ban yang berbeda dengan yang digunakan untuk mencuci body.

Baca Juga : Tips merawat mesin mobil

  1. Membiarkan karpet mobil

Padahal karpet sangatlah kotor karena menjadi tempat alas kaki yang sudah menyentuh jalanan. Mencuci karpet juga akan mencegah interior berbau.

  1. Tidak mencuci bawah mobil

Bagian bawah mobil juga tak kalah kotor dengan lumpur dan karat sehingga perlu dibersihkan.

Kebiasaan yang salah itu akan jelas akan membuat mobil Anda tidak bisa bersih dengan maksimal. Karena itulah, dalam banyak tips mencuci mobil, Anda pasti akan disuruh untuk mencuci bagian-bagian tersebut dengan teliti, dan menggunakan peralatan yang berbeda dengan bagian body mobil. Namun berbicara tentang peralatan, tahukah Anda bahwa bagian ini juga sering menjadi poin kesalahan yang sering terjadi?

Selain kebiasaan salah, penggunaan peralatan yang salah juga bisa membuat mobil kurang bersih dan justru merusak permukaannya. Ini beberapa kesalahan pemilihan alat tersebut:

  1. Menggunakan spons

Kain microfiber atau serat karbon dan kanebo adalah alat pembersih yang biasa disarankan ketika Anda akan mencuci mobil, tapi bagi banyak orang Indonesia, mereka lebih senang menggunakan spons. Padahal, alat ini bisa dimasuki partikel debu kecil-kecil, yang justru akan menggores permukaan mobil.

  1. Hanya menggunakan satu buah ember

Ketika mencuci mobil, Anda hanya menggunakan satu buah ember saja untuk membersihkan. Akibatnya, air bersih dan kotor bercampur jadi satu, membuat Anda sia-sia saja membersihkan mobil. Gunakanlah 2 buah ember, satu untuk sabun, satu lagi untuk membilas.

  1. Menggunakan sabun biasa

Jujur saja, banyak yang masih menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan mobil. Padahal, tingkat keasamannya jauh lebih tinggi daripada yang diperlukan mobil, membuat body jadi rusak.

  1. Tidak menggunakan wax

Wax sangatlah berguna untuk membuat mobil kembali bersinar dan menyamarkan berbagai goresan kecil di body. Namun belum banyak orang Indonesia yang memanfaatkannya.

Sebagai tambahan dari menghindari kesalahan-kesalahan di atas, ini yang perlu Anda lakukan ketika mencuci mobil:

  • Jaga agar keseluruhan mobil tetap basah selama mencuci agar tak timbul bercak-bercak karena sebagian mobil kering duluan.
  • Mulailah dengan menyemprotkan air ke seluruh body mobil agar bebas dari berbagai bahan kimia yang bisa merusak cat mobil.
  • Jika membersihkan, lakukan dari bagian atas ke bawah, dan usap dengan cara memutar.

Tips mencuci mobil tersebut berlaku untuk jenis mobil mana saja. Jika Anda memang mempunyai waktu, tak ada salahnya Anda melakukan kegiatan mencuci ini sendiri, dan tak harus membawanya ke tempat pencucian mobil. Dengan cara ini, Anda jadi tahu lebih banyak tentang mobil Anda sendiri, ditambah juga bisa sekalian memantau kondisi mobil Anda.

Be Sociable, Share!
Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *