Home » Tips dan Trik » Tips Mengecek Mesin Mobil Bekas yang Berkualitas

Tips Mengecek Mesin Mobil Bekas yang Berkualitas

Apabila Anda ingin membeli mobil khususnya mobil bekas sebaiknya memeriksa kondisi mesin sebelum dibeli. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan mobil dengan kondisi mesin yang prima dan juga berkualitas. Berikut ini beberapa cara untuk mengecek kondisi mesin mobil yang dapat Anda terapkan saat membeli mobil terutama mobil bekas:

Tips Mengecek Mesin Mobil Bekas yang Berkualitas

Memeriksa Bagian Fisik Mesin

Saat Anda akan memeriksa kondisi mesin mobil hal yang pertama kali harus dilakukan adalah memeriksa kondisi fisik mesin. Anda dapat membuka kap mesinnya kemudian mengamati kondisi termasuk dalam keadaan terawat atau tidak. Mesin dengan kondisi yang kotor menandakan kurang terawat oleh pemilik sebelumnya sehingga harus Anda perhatikan secara seksama. Pastikan juga mesin tersebut tidak terdapat rembesan oli sama sekali. Kondisi mur dan baut pada mesin juga tidak boleh cacat sedikitpun sehingga Anda harus cukup jeli untuk memeriksa bagian fisik mesin kendaraan.

Memeriksa Radiator Mobil

Cara untuk memeriksa kondisi radiator adalah dengan cara membuka tutup radiator dan juga resevoirnya. Air yang berada di dalam radiator harusnya memiliki warna yang jernih. Apabila mendapati air radiator yang berwarna keruh sudah dapat dipastikan bahwa mobil tersebut tidak memiliki radiator yang berkualitas. Selain itu Anda juga harus memeriksa selang radiatornya, selang yang memiliki kondisi prima haruslah memiliki tekstur yang empuk. Bagian washer wiper dan penampung oli power steering juga harus Anda periksa.

Memeriksa Tali Kipas

Anda dapat memeriksa kondisi tali kipas mobil yang akan dibeli. Anda dapat menggoyang-goyangkan tali kipas, apabila saat digoyangkan terasa kendur berarti tali kipas dalam keadaan normal dan baik. Namun apabila saat digoyangkan terasa keras itu berarti kondisi tali kipas tidak terlalu baik karena sering digunakan untuk perjalanan jauh. Kondisi ini sangat sulit untuk dilakukan oleh orang awam sehingga tidak ada salahnya Anda mengajak orang yang dipercaya dan juga berpengalaman dalam memeriksa kondisi mesin mobil.

Memeriksa Oli Kendaraan

Hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat membeli mobil adalah memeriksa kondisi olinya. Anda dapat membuka dipstick dengan cara mencabutnya secara perlahan kemudian memegang sisa oli yang berada di ujungnya. Oli dengan keadaan bagus akan terasa lengket saat dipegang selain itu dengan kondisi yang encer dan juga tidak pekat. Perhatikan pula bau yang ditimbulkan oleh oli mobil. Saat tercium bau gosong atau terbakar pada oli menandakan bahwa kondisi oli tidak terlalu bagus.

Memeriksa Aki Mobil

Anda harus memeriksa kondisi aki, terminal aki dengan perkabelannya, kabel busi dan juga kotak sikring mobil. Kondisi aki yang sangat terawat dapat terlihat jelas dari altenatornya yang berjalan baik pada saat dinyalakan. Kabel busi juga tidak boleh luput dari perhatian karena sangat penting.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *