Home » Perawatan Mobil » Tips Mengendarai dan Merawat Mobil Matic

Tips Mengendarai dan Merawat Mobil Matic

Bagi pembaca yang memiliki mobil matic, perlu mengetahui cara mengendarai dan merawat mobil dengan benar. Kemudahan dan kenyamanan menggunakan mobil otomatis ini tidak lepas dari perawatan yang perlu dilakukan dengan eksta dan rutin. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara perawatan dan mengendarai mobil jenis matic yang benar.

Cara Perawatan Mobil yang Benar

  • Service Berkala

Sama halnya dengan jenis mobil manua, perawatan secara rutin dan berkala harus dilakukan pula oleh metic. Penting untuk melakukan cara perawatan yang direkomendasikan oleh produsen. Selain melakukan service, lakukan up date kondisi mobil.

  • Penggantian Oli

Untuk memelihara kondisi transmisi  otomatis mobil, lakukan secara rutin penggantian oli dengan kontinyu minimal 25.000 km dan maksimal 50.000 km. Gunakan pelumas transmisi yang dianjurkan oleh produsen mobil merk yang Anda gunakan. Rentang waktu penggantian oli berdasarkan jenis pelumas yang dipakai dan medan yang sering dilalui saat berkendaraan, apakah jalurnya ringan atau berat.

  • Selalu Cek Bagian Valve dan Oli Transmisi

Masalah yang biasanya sering terjadi pada mobil adalah kebocoran atau kerusakan pada gasket transmisi. Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan. Kadang mengemudi secara manual suka terbawa saat berkendara. Pemindahan tuas yang kasar dan sentakan gas bisa menyebabkan bagian valve rusak dan kebocoran oli.

  • Mengganti Oli Transmisi Setelah Melewati Banjir

Dalam satu situasi kadang kita tidak bisa menghindari genangan air, di bawah guyuran air hujan atau banjir. Setelah melewati situasi tersebut segera periksa oli trnasmisi. Jika air merembes ke dalam gearbox ganti segera oli, karena bisa menyebabkan gear macet dan akibatnya bisa buruk.

  • Selalu Cek Kinerja Transmisi

Kinerja transmisi bisa dicek oleh pengguna tanpa harus minta tolong ke bengkel. Caranya sangat mudah, yaitu:

Cara Mengendarai Mobil Jenis Matic yang Benar

Selain mengetahui cara perawatan, penting juga mengetahui bagaimana cara mengendarai mobil. Ada 3 poin penting agar mengendarai mobil matic lancar dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Poin Pertama adalah : pemahaman bagaimana cara kerja transmisi matic.

Sedangkan poin yang Kedua adalah: pemakaian sesuai dengan kondisi berkendara, maksudnya setiap tingkatan transmisi harus disesuaikan dengan kondisi berkendara. Jika terjadi ketidaksesuaian bisa menyebabakan valve rusak atau cepat aus. Selain itu beban yang tidak seimbang bisa menyebabkan menurunnya kinerja mesin.

Poin yang Ketiga adalah: kebiasaan berkendaraan yang baik. Jika pengendara membiasakan diri mengendarai mobil matic dengan baik dan benar semua masalah pada kendaraan dapat dicegah. Sebelum mengemudi usahakan agar nyaman sehingga konsentrasi terjaga dan sampai ke tempat tujuan dengan aman dan selamat.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *