Home » Tips dan Trik » Tips Menguasai Kopling Mobil Bagi Pemula

Tips Menguasai Kopling Mobil Bagi Pemula

Pada dasarnya mobil yang ada di Indonesia terdapat dua macam, yaitu mobil otomatis atau mobil matic dan mobil manual. Mobil manual memiliki tingkat kesulitan yang lebih sulit dibandingkan dengan mobil matic atau mobil otomatis. Hal ini dikarenakan mobil manual karena orang yang ingin menyetir mobil tersebut harus memiliki kemampuan menguasai kopling mobil. Berikut tips yang harus dilakukan agar dapat menguasai pedal kopling secara optimal bagi para pemula.

Tips Menguasai Kopling Mobil Bagi Pemula

Mengenali semua pedal

Hal yang harus Anda pahami adalah mengerti fungsi dari semua pedal yang terdapat di dalam mobil. Kopling mobil berada di pedal sebelah kiri atau tepat di kaki kiri Anda. Sedangkan untuk pedal di sebelah kanan adalah pedal untuk rem. Pedal bagian tengah merupakan pedal rem pula. Jangan sampai Anda mengalami kondisi salah menginjak pedal karena hal ini akan berakibat fatal. Pastikan Anda sudah terbiasa dengan ketiga fungsi dan posisi dari masing-masing pedal.

Menguasai Pedal Kopling

Pedal kopling yang terdapat pada mobil manual memiliki fungsi untuk memutuskan putaran mesin dan putaran roda yang masih terhubung dengan baik. Selain itu fungsi penting yang terdapat dalam kopling mobil adalah untuk mengubah banyak atau sedikitnya gigi dengan menambahkan ataupun mengurangi gigi yang akan digunakan tanpa harus merusak gigi-gigi yang berada pada masing-masing trasmisi gigi. Hal pokok yang sebenarnya terjadi pada mobil manual adalah adanya keterpaduan fungsi yang selalu padu antara mesin mobil, kopling, transmisi dan roda mobil yang berjumlah empat buah.

Mengoperasikan Pedal

Harus diingat dan ditanamkan dalam pikiran dalam mengoperasikan pedal jangan sampai salah ataupun tertukar antara fungsi pedal satu dengan posisi dari masing-masing pedal itu sendiri. Oleh karena itu Anda harus berkonsentrasi maksimal terlebih untuk mengatur jarak ayunan pedal dan pedal jarak pedal rem maupun jarak pedal gas. Ketika Anda menyetir mobil manual hendaknya dapat menguasai pedal kopling dengan baik yaitu dengan melepaskan pedal kopling secara pelan-pelan. Sehingga Anda harus merasa terbiasa dengan kondisi seperti ini. Lakukanlah latihan secara berulang-ulang dalam kurun waktu yang rutin agar dapat mengendalikan kopling mobil dengan terbiasa.

Tuas Transmisi Di Posisi Netral (N)

Kondisi tuas ketika mobil dinyalakan berada pada posisi netral (N). Apabila Anda akan menjalankan mobil tersebut maka mau tidak mau harus menambahkan gigi dengan menginjak pedal kopling. Anda harus memastikan pedal kopling sudah terisi penuh ketika akan menambahkan giginya. Dengan demikian Anda harus selalu berhati-hati saat akan memindahkan tuas transmisi yang terdapat di mobil manual. Teruslah berlatih agar semakin lama semakin mahir dalam mengendarai mobil manual yang sebenarnya mudah digunakan.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *