Home » Tips dan Trik » Tips Merawat Jok Mobil Agar Awet dan Tetap Nyaman Digunakan

Tips Merawat Jok Mobil Agar Awet dan Tetap Nyaman Digunakan

Sebagai sarana transportasi, mobil memegang peranan penting untuk memudahkan Anda bepergian dalam kegiatan sehari-hari. Bekerja atau mengantar anak sekolah akan lebih nyaman dan aman ketika menggunakan mobil pribadi. Namun penggunaan mobil yang setiap hari tersebut bisa memberikan efek dimana bagian interior mobil mengalami penurunan kualitas akibat seringnya digunakan. Salah satu komponen interior yang seperti ini adalah pada bagian jok mobilJok akan selalu digunakan ketika ada penumpang yang mengendarai mobil untuk diduduki.

Tips Merawat Jok Mobil Agar Awet dan Tetap Nyaman Digunakan

Pastinya ketika menggunakan mobil apalagi dalam jangka waktu penggunaan yang cukup lama, jok akan mengalami perubahan baik dalam segi warna maupun kualitasnya. Beberapa kulit jok juga bisa menjadi sobek karena seringnya diduduki bahkan terkena benda tajam yang menyobek bagian kulit. Pergantian kulit jok juga bisa dilakukan jika kulit jok Anda memang sudah terlalu rusak untuk digunakan lagi dan mengganggu penampilan interior mobil. Akan tetapi sebelum hal itu terjadi, sebaiknya Anda melakukan tips berikut ini agar kondisi jok kulit pada mobil Anda lebih awet serta tetap nyaman digunakan. 

  • Perhatikan beban.

Jok dirancang untuk tempat duduk manusia dengan kapasitas berat yang telah diperkirakan. Jika orang yang terlalu berat menduduki jok mobil Anda, bisa jadi keadaan jok akan lebih cepat rusak. Namun ada hal lain yang juga mempercepat kerusakan jok selain diduduki oleh manusia yaitu jika Anda menaruh benda berat dengan alas menyiku seperti kotak di atas tempat duduk tersebut. 

  • Benda tajam.

Seperti bahan kulit atau kain lainnya, jok akan mudah rusak jika tersobek oleh benda tajam seperti mata pisau ataupun kepala bolpoin. Jika pada jok sudah memiliki lubang maka akan cepat sekali lubang tersebut membesar dan menjadi sobekan yang ketara. Untuk itu jika jok Anda sudah berlubang sebaiknya segera di tambal atau dijahit agar tidak cepat membesar dan bisa menahan berat. 

  • Debu atau kotoran.

Selain rusak karena beban berat, jok juga bisa rusak karena terlalu banyak kotoran yang ada di dalamnya. Bisa jadi kotoran atau debu tersebut membuat kain menjadi kotor sehingga kursi penumpang akan terlihat kurang nyaman untuk digunakan. Jika jok bisa dibuka, sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.

Cara merawat jok mobil tersebut di atas tidak akan memakan banyak biaya dibandingkan ketika Anda harus menjahit atau menggantinya karena sudah rusak. Namun jika memang harus diganti karena penggunaannya sudah cukup lama, sebaiknya memilih bahan yang elastis dan kedap air untuk lebih menjaga keawetannya. Pilihlah bahan kulit atau semi kulit dan sintetis yang kini sudah banyak digunakan untuk membuat cover jok modifikasi. Selain baik secara estetika, bahannyapun kuat dan tidak mudah rusak.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *