Home » Tips dan Trik » Tips Merawat Kopling Mobil dengan Benar

Tips Merawat Kopling Mobil dengan Benar

Kopling pada mobil memiliki peranan yang cukup signifikan dalam sistem transmisi pada mobil manual, bagian ini pada dasarnya memiliki fungsi sebagai alat pemutus dan penyambung tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk kemudian diteruskan pada bagian roda, melalui sebuah sistem transmisi. Secara umum penggunaan kopling pada mobil akan memiliki sistem kerja yang masih optimal, jika mobil masih memiliki jarak tempuh dibawah 100000 km. Jika jarak yang ditempuh oleh mobil telah melalui angka tersebut maka pengecekan secara ulang pada bagian kopling tersebut harus dilakukan. Tidak hanya pada saat jarak tempuh mencapai angka 100.000 km saja, namun perawatan kopling mobil haruslah dilakukan secara berkala, agar nantinya fungsi optimal dari bagian tersebut tetap dapat berjalan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tips Merawat Kopling Mobil dengan Benar 

Untuk dapat menjaga fungsi dari kopling agar dapat berjalan dengan optimal dalam jangka waktu yang lama, Anda sebagai pemilik mobil haruslah mengetahui cara penggunaan kopling dengan tepat. sistem penggunaan dengan tepat inilah, yang akan membuat kinerja dari kolping menjadi lebih teratur dan berirama. Hindari meletakkan kaki secara terus menerus diatas kopling, karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kehausan pada bagian matahari kopling. Selain itu hindari menggunakan teknik setengah kopling untuk menghentikan laju mobil ketika berada di medan menanjak dan macet, karena hal tersebut pun juga akan lebih mempercepat hausnya kopling pada mobil Anda.

Selain sistem penggunaan kopling, hal lain yang harus Anda lakukan dalam memberikan perawatan pada kopling mobil Anda agar dapat memiliki fungsi yang optimal dalam jangka waktu yang lama, antara lain adalah:

  • Memeriksa kondisi rem kopling secara berkala, agar tidak terjadi kebocoran yang dapat mengakibatkan kopling menjadi cepat rusak.
  • Periksalah kondisi kekenyalan pada pedal kopling yang biasanya Anda injak, jika pada saat di injak kopling terasa lebih berat hal tersebut menandakan bahwa adanya kerusakan pada bagian kopling.

Selain kedua hal tersebut diatas, untuk dapat menjaga sistem kinerja pada kopling, Anda haruslah rajin untuk memeriksa bagian sambungan transmisi dan mesin, pastikan bahwa pada bagian tersebut tidak terjadi kebocoran oli, dan jika terjadi maka segeralah lakukan penggantian seal. Jika hal ini dibiarkan saja maka kemungkinan selip pada bagian kopling akan lebih mudah terjadi. 

Untuk menjaga kinerja dari kopling mobil dan bagian vital lainnya pada mesin mobil, akan lebih disarankan bagi Anda untuk membawa mobil manual yang Anda miliki pada bengkel resmi dari merk mobil tersebut, agar mendapatkan service menyeluruh secara rutin. Gantilah oli mesin dalam mobil Anda secara berkala, untuk lebih menjaga sistem kerja pada mesin mobil secara menyeluruh. Merawat mobil akan lebih hemat, dari pada Anda harus melakukan perbaikan didalamnya.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *