Home » Perawatan Mobil » Tips Merawat Mesin Mobil Yang Sudah Tua

Tips Merawat Mesin Mobil Yang Sudah Tua

tips merawat mesin mobil

Untuk mempermudah dan mempercepat perjalanan Anda maka hadir berbagai sarana transportasi yang bisa digunakan, mulai dari yang umum hingga bisa Anda miliki secara pribadi, diantaranya adalah mobil, kendaraan roda 4 ini memang memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan kendaraan roda 2 atau sejenisnya. Nyaman digunakan juga tertutup sehingga memungkinkan Anda tetap bisa lekukan perjalanan bahkan saat kondisi tengah hujan sekalipun, namun setelah sekian tahun digunakan terkadang berbagai macam masalah terjadi, mesin mobil yang sudah tua memang layaknya manusia yang akan mengalami kemunduran.

Bagi beberapa orang mungkin akan secara langsung menjualnya, mengingat kendaraan yang sudah berusia tua sudah tak begitu nyaman digunakan, sering mogok hingga beberapa masalah di bagian tampilan luar atau estetika nya. Namun Anda yang memiliki banyak pengalaman terkait dengan mobil tersebut tentunya enggan bukan jika harus menjualnya ke tempat lain. Jauh lebih baik tetap menyimpan, namun dengan perawatan yang tepat.

Mesin mobil tua sudah cukup renta mengalami berbagai masalah, untuk mengatasinya berikut ini beberapa tips merawat mesin mobil tua yang tepat, yaitu:

  1. Bersihkan bagian dalam mesin secara teratur, karena memang kondisi dalamnya sudah tak seperti dahulu kala terkadang mesin Anda sering kali kotor, sekali dibersihkan bisa jadi dalam beberapa hari akan kotor kembali, apalagi jika sering kamu gunakan, nah bagi Anda yang memiliki masalah serupa rajin-rajinlah mengecek kebersihan karena ini adalah hal utama yang ternyata sangat berpengaruh pada kualitas kendaraan kamu.
  2. Perbaikan bagian dashboard dan setir, mobil berusia tua sudah harus mengalami beberapa pergantian, diantaranya adalah dengan mengganti bagian dashboard dan juga setir, mengingat rawan sekali setir akan copot saat digunakan, begitu juga dengan dashboard yang sudah mulai rusak.
  3. Jangan lupa gunakan cover pada bagian jok, bagian yang satu ini memang paling rentan kotor dibandingkan dengan bagian-bagian yang lainnya, apalagi jika sudah terlalu lama, ada kemungkinan cover bahkan mengalami kerusakan, tak ada salahnya kamu mengganti bagian yang satu ini agar tampak seperti baru kembali.
  4. Sering-seringlah dengan mengganti oli mobil, bagian pelumas memiliki fungsi yang sangat penting agar mesin tetap bekerja dengan baik tanpa ada ancaman pengkaratan, namun dengan usia yang sudah cukup tua tentunya ada kemungkinan pengkaratan terjadi pada beberapa bagian, untuk itu penggantian oli juga harus dilakukan lebih sering dibandingkan dengan mobil baru.

Sekarang mesin mobil tua Anda tetap enak untuk digunakan, tak perlu menjual dengan harga yang rendah atau membeli lagi jika memang mobil yang ada masih tetap enak dipakai. Agar mobil memiliki usia yang sangat panjang sebenarnya perawatan wajib dilakukan bahkan sejak pembelian pertama Anda, jadi keadaannya tetap bagus.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *