Home » Perawatan Mobil » Tips Merawat Mobil Klasik Agar Lebih Awet Digunakan

Tips Merawat Mobil Klasik Agar Lebih Awet Digunakan

Ketika membeli mobil, ada beberapa kondisi yang bisa dipilih oleh masyarakat. Seperti mobil baru yang merupakan pilihan banyak orang ketika akan membeli mobil. Hal tersebut karena mobil baru tersebut akan lebih awet dari mesin, dan juga cara perawatannya yang akan lebih mudah. Selain itu ada juga kondisi bekas yang mempunyai dua pilihan yaitu karena lebih murah atau karena masyarakat menyukai mobil tua. Sehingga untuk masyarakat yang menyukai mobil tua atau mobil klasik tersebut biasanya justru akan memberikan harga yang lebih mahal daripada mobil baru karena merupakan mobil yang mempunyai model yang langka. Dimana mengoleksi mobil tua tersebut juga merupakan hobi beberapa orang yang tertarik dengan mobil tua.

Apabila Anda sudah memutuskan untuk memilih mobil tua karena mempunyai desain yang lebih menarik bagi Anda. Tentu saja hal tersebut harus dibarengi dengan perawatan karena umur dari mobil tua yang biasanya sudah berusia puluhan tahun. Oleh karena itulah tidak heran apabila perawatan mobil tua harus lebih diperhatikan dan juga lebih mendapatkan perawatan daripada mobil yang baru dibeli dari dealer atau mobil yang tahun terbitnya masih tidak terlalu lama atau tua. Adapun bagi penggemar mobil tua ini disarankan untuk melakukan beberapa perawatan mobil sebagai berikut ini:

  • Jangan memaksakan kondisi mobil

Tips pertama ketika Anda akan membeli mobil tua ini memang harus memilih kondisi mesin yang bagus. Sehingga perawatannya juga lebih mudah untuk dilakukan, akan tetapi yang perlu diingat adalah jangan untuk memaksakan untuk menggunakan mobil. Terutama digunakan untuk bepergian jauh karena walaupun kondisi mesinnya masih bagus tetap saja mesinnya sudah berumur. Sehingga tidak bisa untuk digunakan melebihi kapasitasnya. Oleh karena itulah pastikan untuk menggunakan mobil klasik sesuai dengan kemampuannya dan jangan untuk memaksakan kondisi mobil seperti ketika menggunakan mobil dengan mesin yang baru.

 Baca Juga: Ini Dia Budget yang Dibutuhkan untuk Perawatan Mobil Klasik

  • Rawat eksterior dan interior mobil

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan adalah untuk merawat kondisi eksterior dan juga interior mobil. Misalnya dengan tidak membuat mobil tua tersebut terpapar sinar matahari secara langsung. Sehingga catnya tidak akan mudah untuk mengelupas. Anda juga harus merawat cat mobil sehingga mempunyai tampilan yang masih bagus. Selain catnya, bagian dalam juga harus dicek seperti dari jok, bagian dashboard, AC, dan bagian lainnya.

  • Merawat mesin mobil dengan baik

Dan tips terakhir untuk merawat mobil klasik ini adalah dengan memperhatikan perawatan mesinnya dengan baik. Karena tidak seperti dari mobil baru biasanya yang sparepartnya mudah didapatkan, untuk jenis mobil tua ini mempunyai spare part yang susah didapatkan. Sehingga akan lebih untuk mencegah kerusakan seperti dengan memeriksa mesin secara rutin dan juga mengganti oli atau mengecek air radiator secara berkala.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *