Home » Perawatan Mobil » Tips Merawat Mobil Matic Secara Rutin

Tips Merawat Mobil Matic Secara Rutin

Kehadiran mobil yang bertransmisi automatic membuat mobil bertransmisi manual semakin tersisihkan. Orang –orang memilih mobil bertransmisi automatic ini didasari atas kenyamanan yang dirasakan pada saat mengendarai mobil tersebut. Ditambah dengan kondisi jalan yang macet di kota – kota besar semakin memantapkan pilihan orang – orang kepada mobil tersebut. Selain itu mobil ini cocok untuk  para pengendara pemula karena cara mengoperasikan mobil tersebut sangat mudah dan cepat untuk dipelajari. Namun kenyamanan dan kemudahan tidak akan didapat apabila mobil yang dimiliknya tersebut tidak dirawat dengan rutin dan teliti. Bagi para pemilik mobil bertransmisi automatic sedikitnya harus tahu bagaimana cara merawat mobil matic dengan benar. Berikut ini tips merawat mobil matic secara rutin.

Tips Merawat Mobil Matic Secara Rutin

  • Memanaskan Mobil

Kegiatan tersebut sering dianggap sepele bagi sebagian orang. Padahal memanaskan mobil ini banyak sekali manfaatnya  untuk memperpanjang umur komponen transmisi. Panaskanlah mobil matic anda dengan posisi perseneling di posisi Netral atau N supaya oli matiknya bisa bersirkulasi sehingga tarikan mobil menjadi stabil. Jangan memanaskan mobil ketika posisi perseneling di posisi Parking atau P karena oli tidak bersirkulasi pada transmisi.

  • Melakukan Service Mobil Secara Berkala

Service berkala ini harus dilakukan untuk meningkatkan performa mesin  sehingga mesin menjadi awet. Berikut ini yang harus dilakukan pada saat service berkala:

  • Penggantian oli mesin

Tujuan penggantian oli mesin supaya mesin bisa bekerja secara maksimal dan  mencegah komponen – komponen mesin mengalami kerusakan. Oli mesin ini berfungsi sebagai pelumas bagi komponen – komponen mesin sehingga terhindar dari gesekan – gesekan antar komponen mesin. Kapan penggantian oli mesin ini harus dilakukan?penggantian oli  dilakukan tergantung seberapa sering mobil dipakai, jika mobil sering dipakai pada kondisi jalan macet dan ekstrem maka oli harus diganti pada jarak 5000 km sedangkan apabila mobil dipakainya hanya di jalan yang lurus dan datar maka oli harus diganti pada jarak 10.000 km.  

Baca Juga:Tanda – tanda Mobil Matic Bermasalah

  • Penggantian oli transmisi

Dalam perawatan mobil matic, penggantian oli transmisi sangat penting dan wajib untuk dilakukan secara berkala. Selain sebagai pelumas oli pada transmisi berfungsi sebagai penghantar dalam mekanisme untuk perpindahan gigi otomatis. Oli pada mobil matic mempunyai tugas yang lebih berat dibandingkan dengan oli untuk mobil manual. Oli transmisi yang sudah encer dan kotor akan menyebabkan daya lumasnya menjadi berkurang sehingga oli akan cepat panas dan akan merusak komponen – komponen yang ada di transmisi menjadi cepat aus. Makanya para pemilik mobi bertransmisi automatic harus sering – sering mengecek oli transmisi secara rutin.

  • Pengecekan Valve dan Kinerja Transmisi

Mobil matic sering mengalami kebocoran pada gasket transmisi dan kebocoran valve yang diakibatkan oleh perpindahan gigi yang keras dan adanya sentakan gas yang kuat. Sednagkan untuk pengecekan kinerja transmisi bisa dilakukan dengan cara memindahkan tuas transmisi di posisi D atau R kemudian lepaskan rem apabila tidak terjadi masalah maka mobil akan langsung bergerak.

Tips – tips perawatan untuk mobil bertransmisi automatic di atas ada yang bisa dilakukan sendiri dan adapula yang harus dikerjakan oleh ahlinya.  

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *