Home » Perawatan Mobil » Tips Merawat Mobil untuk Bagian Mesinnya dengan Benar dan Tepat

Tips Merawat Mobil untuk Bagian Mesinnya dengan Benar dan Tepat

Ketika akan membeli mobil mempunyai beberapa pertimbangan sehingga akan mendapatkan jenis mobil yang tepat. Pertimbangan pertama adalah dari jenis mobil yang akan dipilih yaitu jenis mobil otomatis dan juga manual. Dimana perbedaan dari jenis tersebut dapat dilihat dari cara mengemudikannya yang mana untuk mobil otomatis akan lebih mudah digunakan daripada mobil manual. Selain itu ada juga beberapa pertimbangan membeli mobil terbaik dari spesifikasi, merek, harga, tempat pembelian, tipe, dan juga hal lainnya. Ketika telah membeli yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan, maka tips selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan merawat mobil agar bisa awet dan tahan lama digunakan. Dan tips mudah untuk melakukan perawatan mobil terutama pada bagian mesinnya adalah sebagai berikut ini:

Tips Merawat Mobil untuk Bagian Mesinnya dengan Benar dan Tepat

  • Mengecek oli

Tips mudah pertama untuk dapat melakukan perawatan yang tepat pada mesin mobil adalah dengan mengecek oli mobil. Pemilik mobil harus memperhatikan untuk selalu mengganti oli mobil dengan rutin ketika mobil sudah digunakan untuk jarak 5000 hingga 10.000 km. Hal tersebut akan membuat mesin mobil bekerja lebih optimal. Oleh karena itulah Anda bisa untuk mengeceknya dengan cara mudah yaitu cukup meneteskan sedikit oli pada tangan dan melihat apakah ada serpihan halus pada tetesan tersebut. Apabila ada serpihannya maka hal tersebut menunjukkan bahwa oli mobil harus segera diganti. 

  • Kopling berfungsi secara normal

Tips merawat mobil pada bagian mesinnya dengan mudah selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa kopiling mobil berfungsi secara normal. Jenis ini cocok untuk merawat mesin mobil pada jenis mobil transmisi manual. Untuk membuat kopling tetap normal maka bisa dengan memastikan kampas koplingnya dalam keadaan baik. Karena apabila kampas koplingnya dalam keadaan aus maka akan membuat perpindahan gigi menjadi semakin berat. Sehingga akan membuat kenyamanan pengendara terganggu karena sulit untuk memindahkan persneling. Oleh karena itulah pastikan untuk kampas kopling tetap dalam kondisi yang baik. 

  • Mengisi air radiator

Tips untuk perawatan mesin mobil yang mudah lainnya adalah dengan mengisi air radiator. Isilah air radiator karena memberikan fungsi untuk mendinginkan mesin ketika digunakan. Sehingga pastikan untuk selalu mengecek air yang ada di tabung radiator cukup untuk digunakan agar memberikan fungsi yang terbaik. Selain itu cara lainnya adalah dengan menggunakan air wiper sehingga bisa untuk mengisinya dengan air bersih ketika sudah habis.

  • Merawat aki

Dan tips terakhir untuk merawat mobil pada bagian mesinnya adalah dengan merawat aki. Bagian ini sangat penting untuk mobil sehingga perlu dirawat dengan tepat. Misalnya perawatan yang bisa digunakan adalah dengan mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Pastikan aki tersebut dalam kondisi yang baik sehingga akan membuat mobil nyaman digunakan.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *