Home » Tips dan Trik » Tips Merawat Velg Mobil dengan Tepat Agar Awet

Tips Merawat Velg Mobil dengan Tepat Agar Awet

Velg pada mobil merupakan salah satu spare part yang memiliki peran penting dalam mendukung kinerja ban sebagai roda penggerak dari mesin mobil yang dijalankan. Selain sebagai spare part utama, velg pada mobil pun juga memiliki peran yang sangat penting untuk memperindah tampilan eksterior dari sebuah mobil, oleh karena itu sangatlah wajar jika velg pada mobil sering kali mendapatkan perawatan ekstra dari para pemiliknya. Berikut ini bahasa mengenai tips perawatan velg mobil yang tepat, dan mungkin dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi dalam merawat spare part mobil yang Anda miliki tersebut.

Tips Merawat Velg Mobil dengan Tepat Agar Awet  

Ketika Anda melakukan pencucian mobil, maka untuk melakukan pencucian pada bagian velg akan lebih disarankan bagi Anda untuk melakukan pencucian dengan sabun ataupun pembersih khusus yang memang diformulasikan untuk membersihkan velg. Hal ini penting untuk Anda perhatikan, karena memang menggunakan pembersih asal-asalan, akan dapat membuat lapisan pada bagian permukaan velg akan dapat memudar, terlebih jika velg pada mobil Anda merupakan velg variasi yang memiliki tekstur bling ataupun chrome. Tidak hanya memudar noda dari pembersih sembarangan pun akan dapat mengakibatkan munculnya warna kusam pada bagian permukaan velg. 

Tips lain yang mungkin dapat Anda gunakan untuk melakukan perawatan velg mobil Anda dengan tepat, antara lain adalah:

  • Gunakan lap khusus bertekstur lembut seperti kain microfiber untuk mengelap dan mengeringkan bagian velg setelah Anda cuci, pastikan bahwa velg benar-benar kering dan tidak meninggalkan noda air didalamnya.
  • Untuk membersihkan bagian sela-sela dari jari-jari velg, Anda dapat menggunakan sikat dengan tekstur yang lembut agar nantinya kotoran dapat terlepas dari velg, tanpa meninggalkan bekas goresan.
  • Jika Anda menemukan noda membandel menempel pada velg, seperti kotoran tanah, aspal ataupun oli, maka treatment pembersihan velg yang dianjurkan untuk dilakukan adalah membersihkan dengan cairan khusus untuk velg secara berulang-ulang hingga noda tersebut hilang dari permukaan velg.

Lakukanlah treatment pembersihan velg tersebut secara rutin dan berkala, agar nantinya permukaan pada velg tetap terjaga dengan baik dan tidak cepat timbul korosi didalamnya. Memilih ban yang sesuai dengan ukuran velg juga merupakan cara terbaik untuk dapat menjaga kondisi dari velg dari mobil yang Anda gunakan. Dengan ukuran ban yang sesuai inilah, nantinya kinerja dari velg akan lebih terjaga serta terhindar dari berbagai tekanan yang mungkin timbul akibat ban yang tidak pas. 

Menjaga tekanan udara pada ban pun harus Anda lakukan, agar nantinya roda pada mobil yang berputar dan berporos pada bagian as yang dihubungkan dengan velg ini dapat bekerja dengan baik. Tekanan udara pada ban yang kurang akan dapat menyebabkan velg mobil mengalami kerusakan, karena secara langsung akan lebih dekat dan bersentuhan dengan bagian jalan yang dilalui oleh mobil tersebut.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *