Home » Tips dan Trik » Tips Mudah Cek Kondisi Mesin Mobil Bekas

Tips Mudah Cek Kondisi Mesin Mobil Bekas

Umumnya, kebanyakan orang awam akan merasa khawatir ketika ingin membeli mobil bekas, apalagi jika ia kurang paham soal mesin mobil. Atau malah ketika membeli mobil di showroom, mereka lebih mementingkan tampilan luarnya saja yang masih mulus dan mengkilap. Padahal, yang paling penting untuk diperhatikan adalah bagian mesin. Bagaimanakah cara untuk mengecek kondisi mesin dari mobil bekas? Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda.

Tips Mudah Cek Kondisi Mesin Mobil Bekas

  • Kondisi Mesin

Lihat dan pastikan juga bahwa tidak ada kebocoran oli maupun bahan bakar. Lihat juga kondisi fisik mesin mobil. Jika mobil yang Anda cek merupakan kendaraan yang terawat, tentu di dalam mesinnya bebas dari kebocoran dengan ciri-ciri tidak ada selang tambahan yang bukan bawaan pabrik. Untuk mengeceknya, Anda bisa memperhatikan dan pastikan tidak ada rembesan oli di bagian bawah mobil.

  • Ruang Mesin

Bukalah kap mesin mobil lalu periksa dengan cermat sekeliling ruangannya tersebut. Apakah tampak cat yang terlihat seperti baru. Jika, betul berarti ruang mesin tersebut sudah pernah di cat. Hal ini mengindikasikan bahwa mesin tersebut pernah diturunkan. Penyebabnya bisa karena bekas tabrakan atau kerendam banjir. Sebaiknya hindari membeli mobil yang seperti ini apalagi jika harganya mahal.

  • Indikator & SpeedoMeter

Ketika Anda menghidupkan mesin mobil, perhatikanlah lampu indikator yang menyala. Seperti lampu indikator untuk oli, temperatur, dan bensin. Pastikan semua lampu tersebut menyala secara normal. Lalu coba gas mesin secara perlahan kemudian lepas dan perhatikan jarum RPM. Pastikan bahwa jarum tersebut stabil ketika turun ataupun naik. Jika tidak, berarti mesin tersebut sedang bermasalah.

  • Starter Mobil

Mobil yang masih bagus memiliki suara mesin yang halus dan konstan ketika dihidupkan secara stasioner, yaitu tanpa hentakan gas dan audio serta AC dalam kondisi mati. Meskipun masih dalam keadaan dingin, mobil akan menyala secara konstan tanpa tersendat-sendat. Namun jika masih terasa tersendat-sendat, bisa disebabkan karena aki yang bermasalah atau mobil minim perawatan.

  • Suara Mesin

Ketika baru dihidupkan dari keadaan dingin, cobalah dengarkan suara mesinnya. Apakah suaranya terdengar tidak wajar atau normal seperti pada umumnya. Suara yang tidak wajar contohnya seperti suara gesekan plat besi atau seperti suara ketukan di dalam mesin.

  • Gas Buang (Knalpot)

Perhatikan juga bagian ujung knalpot, lihatlah gas buangnya, apakah ada yang tidak wajar. Jika asap knalpot berwarna hitam, kemungkinan ada indikasi pembakaran yang tidak sempurna sedangkan jika asapnya berwarna putih, bida disebabkan karena adanya campuran oli di dalam ruang pembakaran mesin mobil.

  • Getaran Pada Mesin

Kemudian buka kap mesin lalu perhatikan apakah ketika mesin dihidupkan ada getaran yang tidak seirama atau tidak wajar. Jika betul, kemungkinan mobil tersebut sedang dalam kondisi picang. Penyebabnya bisa karena adanya masalah pada engine mounting atau sistem kelistrikan pada mobil.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *