Home » Tips dan Trik » Tips Penting Membeli Spare Part Mobil Secara Online Supaya Tidak Tertipu

Tips Penting Membeli Spare Part Mobil Secara Online Supaya Tidak Tertipu

Di masyarakat sekarang ini tentu sudah tidak asing dengan melakukan jual beli melalui situs online atau toko online. Banyak hal yang disediakan dalam toko tersebut dari mulai kebutuhan primer sampai dengan kebutuhan tersier sekalipun. Bahkan Anda yang mempunyai mobil tidak perlu susah-susah lagi untuk mencari spare part mobil yang tepat sesuai keinginan. Karena semuanya telah tersedia dalam internet, jadi sekali Anda menyentuh smartphone sudah bisa mendapatkan barang apa yang diinginkan. Wajar jika kemudahan tersebut akhirnya membuat masyarakat meninggalkan kebiasaan lamanya yang harus berbelanja dari toko satu ke toko lainnya.

Karena semakin banyak peminat atau pembeli pada online shop ternyata hal itu dimanfaatkan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan secara pribadi yang tidak semestinya. Mungkin masyarakat juga sudah mengetahui beberapa kasus penipuan melalui situs jual beli online, sebagai konsumen yang sudah mengirimkan sejumlah uang ternyata barang yang diminta tidak segera dikirimkan. Untuk menghindari hal tersebut berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Kenali situs dengan baik.

Banyaknya situs jual beli online ternyata tidak menjadikan kesemuanya patut untuk dipercaya. Jadi Anda harus menemukan dan kenali terlebih dahulu situs itu secara baik dalam pelayanan sampai dengan pemberian produk. Dengan begitu Anda akan terhindari dari penipuan dalam pembelian spare part mobil secara online. Lebih baiknya memang situs tersebut rekomendasi dari teman, saudara atau keluarga lainnya yang memang sudah dipastikan kepercayaannya.

  • Cek harga.

Terkadang pemikiran pada pola ada uang ada barang itu juga harus digunakan, karena tidak sedikit perusahaan yang memberikan harga tinggi dengan kualitas yang cukup tinggi pula. Walaupun itu bukan berarti menjadi patokan, tetapi menghindari untuk Anda supaya tidak tergiur dari harga murah onderdil tetapi yang belum diketahui kualitasnya. Sebelumnya lakukan perbandingan terlebih dahulu, supaya Anda paham berapa harga dipasaran dan berapa harga yang ditawarkan.

Baca Juga: Spare Part Mobil Original Memberikan Kualitas yang Lebih Tahan Lama

  • Cek keberadaan situs.

Situs jual beli yang resmi biasanya akan mencantumkan alamat lengkap atau tempat penjualan secara offline. Tapi Anda tidak boleh percaya begitu saja, cek kembali keberadaannya secara pasti. Jadi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi bisa langsung menindaklanjuti. Kalau bisa lakukan transaksi secara COD karena itu lebih aman untuk terhindar dari penipuan.

  • Garansi atau kondisi barang.

Pastikan terlebih dahulu produk yang akan Anda beli, jadi jika ada kesalahan atau kekurangan bisa mengajukan complain. Terkadang toko online tidak memberikan garansi seperti halnya barang elektronik. Tetapi jika ada lebih baik Anda memilih toko online yang memberikan garansi untuk pembelian spare part mobil Anda. Jadi lebih aman untuk menghindarkan Anda mendapatkan barang cacat ataupun tidak layak pakai.

  • Simpan bukti transaksi.

Sebelum semuanya clear lebih baik Anda simpan berbagai bukti transaksi untuk berjaga-jaga.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *