Home » Tips dan Trik » Tips Perawatan Mesin Motor Agar Senantiasa Selalu Prima

Tips Perawatan Mesin Motor Agar Senantiasa Selalu Prima

Memiliki kendaraan pribadi sendiri berarti Anda bisa menggunakannya dengan leluasa untuk berbagai keperluan transportasi. Namun hal itu juga berarti Anda juga harus melakukan perawatan berkala untuk memastikan kondisinya tetap prima sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu. Perawatan yang dilakukan tergantung dari jenis kendaraan yang dimiliki. Jika Anda memiliki motor, maka mungkin biaya yang diperlukan untuk perawatannya baik untuk menjaga kebersihan maupun untuk perawatan mesin akan lebih terjangkau dibandingkan dengan yang memiliki mobil. Karenanya jangan tunda untuk melakukan perawatan secara rutin.

Tips Perawatan Mesin Motor Agar Senantiasa Selalu Prima 

Banyak yang memiliki keahlian untuk merawat kendaraan roda duanya sendiri karena sebetulnya tak terlalu sulit untuk bisa memperbaiki dan menjaga kondisi mesin motor. Dari cara memasang lampu yang putus atau mati, membersihkan karburator dan saringan motor hingga mengganti oli bisa dilakukan oleh banyak orang dengan peralatan yang memadai. Tak perlu ke bengkel resmi jika memang Anda takut dengan biaya tinggi yang identik dengan biaya dari bengkel resmi oleh banyak merk motor. Anda bisa meminta bantuan teman atau kerabat yang memiliki keahlian mesin motor dengan memberikan imbalan setimpal tentunya. Sambil melakukan perawatan, Anda bisa belajar bagaimana cara untuk merawat motor Anda sendiri sehingga suatu saat bisa melakukan perbaikan kecil tanpa bantuan orang lain.

Meski perbaikan mesin motor tak memakan biaya besar dan banyak yang sudah memiliki keahlian untuk melakukannya, namun tetap saja hal tersebut sebisa mungkin harus dihindari agar kondisi motor Anda selalu siap untuk mengantar kemana saja. Agar dapat mewujudkannya, Anda bisa melakukan beberapa tips perawatan mesin motor berikut ini sehingga mengurangi frekuensi berkunjung ke bengkel motor: 

  • Pemanasan mesin.

Sebelum digunakan atau bahkan setiap pagi hari meski motor akan dipakai atau tidak, sebaiknya Anda menyalakan mesin selama lima belas menit untuk memanaskan mesin agar selalu siap ketika akan digunakan.

  • Sesekali gunakan starter manual.

Motor sekarang sudah memiliki starter otomatis dimana Anda tak perlu mengengkel untuk menghidupkan mesin. Namun untuk mencegah engkel starter menjadi rusak, sebaiknya sesekali gunakan starter manual misalnya ketika Anda akan menghidupkannya untuk pertama kali di pagi hari.

  • Ganti oli.

Oli merupakan pelumas mesin agar kerja mesin menjadi lebih ringan dan mudah. Jangan sampai Anda lupa atau kelewat mengganti oli agar kondisi mesin motor Anda tetap prima. Untuk kendaraan roda dua, gantilah oli setelah jarak yang ditempuh 1.500 km setelah pergantian oli sebelumnya. 

Dengan melakukan perawatan mesin secara berkala dan membersihkan motor secara rutin, kondisi motor akan lebih siap untuk bisa digunakan sewaktu-waktu. Tak perlu ke bengkel resmi jika memang ragu dengan biaya yang nantinya dibutuhkan karena banyak juga bengkel biasa yang bisa melakukan perawatan motor dengan baik.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *